BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Cantiknya Gapura Limbah Plastik di Makassar

Liputan6.com, Makassar - Kreativitas masyarakat Kelurahan Kampung Pisang, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dalam membuat gapura dari limbah plastik patut diacungi jempol.

Hanya berlangsung beberapa hari, mereka dengan maraton mengumpulkan ribuan sampah plastik yang ada di sekitar lingkungannya. Kemudian, sampah itu dibersihkan dan dibentuk menjadi sebuah gapura lorong yang cantik.

"Masyarakat lorong Kampung Pisang lakukan itu dengan sukarela. Mereka sadar bagaimana menciptakan lingkungan rumahnya menjadi bersih dan sehat," kata Andi Rina Pallawagau, Lurah Kampung Pisang saat ditemui di sela-sela meninjau gapura lorong limbah yang dibuat masyarakatnya tersebut, Jumat, 8 September 2017.

Ide pembuatan gapura dari limbah botol teh gelas plastik itu, diakui Rina berasal dari masyarakat lorong Kelurahan Kampung Pisang sendiri. Mereka memanfaatkan limbah plastik yang biasanya dibuang di jalan oleh warga yang tak sadar lingkungan menjadi suatu kreasi unik yang menarik.

"Sampah plastik produk teh gelas itu kan biasanya dibuang begitu saja oleh pengguna jalan yang melintas, sehingga mengotori lingkungan di sini. Tapi masyarakat mampu menyulap sampah itu jadi hal yang bermanfaat dan akhirnya inisiatifnya dibuat sebagai penghias gapura lorong mereka," Rina menerangkan.

Ia berharap apa yang telah dilakukan masyarakat lorong Kelurahan Kampung Pisang dapat memotivasi masyarakat Kota Makassar pada umumnya untuk melakukan hal yang sama dalam rangka menciptakan Makassar menjadi kota bersih.

"Apa pun hal positif yang dirancang oleh pemerintah tanpa keterlibatan dan peran serta masyarakat itu mustahil. Sehingga apa yang telah dilakukan masyarakat Kampung Pisang patut menjadi contoh dan motivasi masyarakat Kota Makassar lainnya," Rina berharap.

Rina mengaku bangga dengan kreativitas warganya yang bisa membuat karya cantik dari limbah plastik ini sebagai bukti dukungan terwujudnya misi Wali Kota Makassar Moh. Romdhan Pomanto dalam menciptakan Makassar berkali-kali lebih baik dari apa yang sudah ada sebelumnya.

"Sekali lagi saya sangat bangga dengan apa yang telah dilakukan masyarakat lorong Kampung Pisang. Lingkungan sekitarnya saat ini menjadi bersih dan sangat enak dipandang. Saya pribadi saja sampai ketagihan berkunjung ke lorong yang bergapura limbah tersebut," Rina menandaskan.

Sumber : http://regional.liputan6.com/read/3091606/cantiknya-gapura-limbah-plastik-di-makassar

 

Related-Area: