BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Call for Proposal: Child Labour Monitoring & Remediation in Indonesia-Project

Latar Belakang/ Pengantar
 

Save the Children telah hadir di Indonesia sejak tahun 1976, dan menjadi yayasan yang terdaftar secara lokal, Yayasan Sayangi Tunas Cilik, pada tahun 2014. Kami adalah salah satu organisasi hak-hak anak terbesar di Indonesia, dengan lebih dari 500 staf, bekerja di 12 provinsi, di berbagai program untuk memastikan setiap anak mendapatkan hak untuk bertahan hidup, perlindungan, pengembangan dan partisipasi. Kami telah membangun hubungan yang kuat dan kredibel dengan pemerintah Indonesia dan berbagai organisasi masyarakat sipil di tingkat nasional dan daerah untuk memberikan program yang meningkatkan kehidupan anak-anak.

 

Cargill Cocoa & Chocolate and Save the Children memiliki visi bersama untuk meningkatkan kehidupan petani kakao dan komunitas mereka di seluruh dunia. Kami juga memahami bahwa mengamankan pasokan kakao jangka panjang untuk bisnis Cargill dapat menghasilkan pendapatan yang stabil dan jalan keluar dari kemiskinan bagi keluarga yang paling rentan. Cargill Cocoa berkomitmen untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan anak-anak dan keluarga di area pertanian kakao, termasuk tujuan dari nol insiden pekerja anak dalam rantai pasokannya pada tahun 2025, yang selaras dengan nilai-nilai inti kami. Melindungi anak-anak dan memperjuangkan hak-hak mereka telah menjadi bagian dari misi Save the Children sejak kami didirikan pada 1919 oleh Eglantyne Jebb, yang merancang Deklarasi Hak-Hak Anak. Kami bangga bahwa dokumen ini diadopsi oleh Liga Bangsa-Bangsa pada tahun 1924, dan kemudian diadopsi dalam bentuk yang diperluas oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1959. Kedua organisasi kami berbagi komitmen yang dalam dan taat kepada anak-anak di dunia.

 

Dalam mengimplementasikan program-programnya, Save the Children akan membangun kemitraan dengan organisasi local yang memiliki visi dan misi yang sama dalam berkomitmen mencapai terobosan bagi pemenuhan hak-hak anak.  Hal tersebut dapat terjadi melalui kerja sama yang di dalamnya terdapat semangat saling belajar dan tanggung jawab. Oleh karena itu maka, Save the Children membuka ‘Request for Proposal’ dan memberikan kesempatan kepada organisasi-organisasi local yang bergerak dalam pemenuhan hak-hak anak untuk bekerjasama Save the Children dalam mengimplementasikan proyek Child Labour Monitoring & Remediation in Indonesia-Project, sebuah proyek kerjasama Save the Children-Indonesia.

Informasi mengenai proyek tersebut dan penjelasan proses seleksi proposal dari calon mitra kerja, akan dijelaskan secara lebih detail pada bagian-bagian di bawah ini.

Ruang Lingkup Proyek
Di seluruh dunia, 218 juta anak berusia antara 5 dan 17 tahun terlibat dalam pekerjaan. Di antara mereka, 152 juta adalah pekerja anak. Pekerja anak terkonsentrasi terutama di bidang pertanian (71%), yang meliputi perikanan, kehutanan, penggembalaan ternak, dan akuakultur dan terdiri dari pertanian subsisten dan komersial. Sebagian besar pekerja anak terjadi di dalam unit keluarga. Lebih dari dua pertiga dari semua pekerja anak bekerja sebagai pekerja keluarga yang berkontribusi, sementara pekerja yang dibayar dan pekerja mandiri masing-masing hanya 27% dan 4% dari pekerja anak. Angka-angka ini menggarisbawahi poin penting yang lebih luas mengenai sifat pekerja anak di dunia saat ini. Sebagian besar anak-anak dalam pekerja anak tidak berada dalam hubungan kerja dengan majikan pihak ketiga, melainkan bekerja di pertanian keluarga dan di perusahaan keluarga; memahami dan mengatasi ketergantungan keluarga pada pekerja anak karenanya akan sangat penting untuk kemajuan yang lebih luas menuju berakhirnya pekerja anak [1].

Dalam konteks Indonesia, pekerja anak adalah masalah nasional yang membutuhkan tindakan segera dan berkelanjutan. Kemiskinan dan tingkat pengangguran yang tinggi berarti banyak anak di Indonesia dipaksa bekerja untuk membantu orang tua mereka mendukung rumah tangga. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Indonesia memperkirakan sekitar 1,7 juta anak di Indonesia terlibat dalam pekerja anak. Diperkirakan 1,5 juta dari mereka berusia antara 10-17 tahun bekerja di sektor pertanian.

 
Definisi Save the Children tentang pekerjaan berbahaya berakar pada definisi UNCRC, karena segala bentuk pekerjaan yang melanggar hak anak. Secara khusus mengacu pada pasal 32. “Negara-negara Pihak mengakui hak anak untuk dilindungi dari eksploitasi ekonomi dan dari melakukan pekerjaan apa pun yang mungkin berbahaya atau mengganggu pendidikan anak, atau berbahaya bagi kesehatan anak atau perkembangan fisik, mental, spiritual, moral dan sosial. ”
Pekerja anak mencakup anak-anak yang bekerja yang terlibat dalam segala jenis pekerjaan seperti yang ditunjukkan oleh siapa yang dilaporkan bekerja selama survei. Menurut publikasi Statistik Indonesia tentang 'Anak-Anak yang Bekerja di Indonesia 2009', anak-anak berusia 5 hingga 12 tahun yang bekerja dianggap sebagai pekerja anak, terlepas dari jam kerjanya. Karena itu, Save the Children Indonesia berkomitmen untuk memulihkan praktik-praktik pekerja anak di dua kabupaten di Bone dan Wajo.
 

Save the Children telah melakukan assessment di Kabupaten Bone dan Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan pada bulan Agustus 2019. Kami telah berdiskusi dengan berbagai pihak yang tinggal di kedua Kabupaten: keluarga, kelompok tani dan Pemerintah daerah, untuk memahami kebutuhan dari sudut pandang mereka. Assessment tersebut menemukan bahwa hambatan ekonomi dan tradisi budaya adalah pendorong utama bagi anak-anak untuk mulai bekerja lebih awal, putus sekolah atau memasuki perkawinan anak dini dan paksa. Anak-anak bekerja di sektor pertanian seperti, sawah, kebun kakao, dan kebun jagung. Anak-anak melakukan berbagai kegiatan mulai dari panen hingga pemupukan. Tujuan utamanya adalah untuk mendukung orang tua mereka dan belajar perdagangan keluarga. Di kedua kabupaten disebutkan bahwa anak perempuan dan anak laki-laki diperlakukan secara berbeda. Anak perempuan tidak diwajibkan berada di pertanian karena mereka diharuskan mendukung ibu mereka di rumah, tetapi mereka melakukan kegiatan pertanian seperti pengeringan biji kakao di rumah. Kebanyakan orang tua mengkonfirmasi bahwa anak-anak membantu orang tua mereka bekerja di pertanian selama musim panen kakao (November - Desember dan Maret - April). Ini terutama mempengaruhi anak laki-laki usia sekolah menengah pertama. Temuan-temuan ini menekankan bahwa remediasi pekerja anak membutuhkan intervensi komprehensif dalam mendidik masyarakat dan membuat sistem untuk memastikan kesejahteraan anak dipantau dan diprioritaskan.

Goal (Tujuan Umum)
Petani dan komunitas Cargill Cocoa akan bekerja bersama untuk memastikan perlindungan anak melalui sistem yang berfungsi yang mengidentifikasi, mencegah, dan memulihkan pekerja anak untuk meningkatkan keselamatan dan kesejahteraan anak-anak di Kabupaten Bone dan Wajo di provinsi Sulawesi Selatan.

Objective (Tujuan Khusus)
Untuk meningkatkan kapasitas komunitas rantai pasokan dengan uji tuntas pekerja anak dan mekanisme rujukan yang efektif.
Untuk memperkuat kapasitas masyarakat lokal dalam menangani kasus-kasus perlindungan anak khususnya pekerja anak dengan memanfaatkan kemampuan dan mengarahkan interaksi petani dengan mekanisme rujukan yang ada.
Untuk meningkatkan dampak program dengan meningkatkan kesadaran dan dukungan pemerintah daerah untuk remediasi pekerja anak. Sistem remediasi formal untuk pekerja anak di Indonesia digabungkan di bawah pusat layanan terpadu tentang perlindungan anak di tingkat kabupaten.

Lokasi
Proyek akan dilaksanaka di Kabupaten Wajo dan Bone, Propinsi Sulawesi-Selatan.

Durasi
12 bulan proyek dimulai April 2020– Maret 2021.

Cara Mendaftar
Mengisi surat pendaftaran sesuai yang telah disiapkan
Dokumen proposal, surat pendaftaran dan profil organisasi (termasuk dilengkapi dengan pengalaman bekerjasama dengan pihak lain untuk project tertentu) dikirimkan ke email Proposal dikirim melalui email ke : Indonesia.award@ savethechildren.org
Batas waktu memasukan proposal pada tanggal 28 Feb 2020,  pukul  17.00 WIB

Untuk Informasi, silahkan kontak : Indonesia.Award@ savethechildren.org, atau silahkan unduh dokumen di https://www.stc.or.id/join-us/ tender.