BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

BMKG : Waspada, Gempa Maluku Berpotensi Tsunami

BMKG : Waspada, Gempa Maluku Berpotensi Tsunami

    Written by  Ade Irmansyah
    Sat,15 November 2014 | 13:21

KBR, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menginformasikan Gempa dengan kekuatan 7,3 Skala Richter di kawasan perairan Maluku Utara sangat berpotensi tsunami. Petugas Bidang Informasi Gempa Bumi BMKG, Obi mengimbau kepada masyarakat yang berada dekat pusat gempa untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Kata dia, gempa susulan dengan kekuatan diatas 5 skala richter masih terus terjadi hingga saat ini. BMKG bahkan mencatat sudah puluhan kali gempa susulan terjadi di dekat pusat gempa pertama.

“Gempanya kan tadi jam 09:31 waktu sekitar, itu kita mengeluarkan warning tsunami untuk daerah-daerah sekitarnya seperti Gorontalo. Warning tsunaminya masih berlaku sampai sekarang dan belum diakhiri. Susulan masih terus terjadi hanya saja skalanya lebih kecil disekitar situ. Himbauannya kita kan mengeluarkan warning jadi untuk daerah-daerah sekitarnya kita minta untuk waspada,” ujarnya kepada KBR saat dibungi (15/11).

Petugas Bidang Informasi Gempa Bumi BMKG, Obi menambahkan, wilayah yang masuk dalam kategori status siaga tsunami adalah Halmahera, Halmahera Utara, Kepulauan Sula, Bolaangmongondow bagian selatan, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud, Minahasa Bagian Selatan, Minahasa-Selatan Bagian Selatan, Minahasa Utara bagian selatan, dan Minahasa Utara bagian utara.

Sedangkan yang waspada tsunami kata dia, Gorontalo bagian utara, Buru, Seram bagian barat, Halmahera Selatan, dan Kota Ternate. Sebelumnya, gempa tersebut terjadi pada pukul 09.31 WIB dengan pusat gempa pada kedalaman 48 km utara Laut Maluku dan 158 km timur laut Bitung atau 160 km barat laut Ternate. Belum ada laporan pasti terkait korban jiwa dan kerusakan akibat gempa tersebut.

Editor: Nanda Hidayat



Sumber: http://portalkbr.com/nusantara/maluku/3365862_4267.html

Related-Area: