BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Aru akan Dijadikan Model Pembangkit Listrik Tenaga Laut

Saturday, 25 April 2015
Atasi Krisis Listrik
Aru akan Dijadikan Model Pembangkit Listrik Tenaga Laut

Ambon - Kabupaten Kepulauan Aru akan dijadikan sebagai salah satu model pembangunan pembangkit listrik dengan menggunakan kekuatan/tenaga arus laut.

“Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Unpatti terhadap arus laut Maluku, maka Laut Aru yang memiliki potensi sangat besar untuk membangun listrik, dan kami rencana akan menjadikan Kabu­paten Kepulauan Aru sebagai model pembangunan listrik yang meng­gunakan arus laut tersebut,” jelas Gubernur Maluku, Said Assagaff kepada wartawan di Kantor DPRD Maluku, usai menyampaikan La­poran Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Akhir Tahun 2014, Kamis (23/4).

Dikatakan, Pemprov Maluku telah melakukan pengkajian dan saat ini diteliti oleh ahli dari Unpatti.

Ia mengakui, potensi Laut Ke­pulauan Aru sangat potensi yang dimana arus lautnya bisa berfungsi untuk mengatasi masalah kelistrikan hingga 24 jam.

“Memang ada di beberapa wila­yah dan itu tidak sama seperti di laut Aru sampai 24 jam, kalau wilayah lainnya hanya 12 jam. Karena itu kita akan jadikan Aru sebagai model,” jelasnya.

Ia mengakui, beberapa provinsi saat ini mengalami krisis listrik dan karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, Pemprov telah melakukan terobosan dengan menciptakan program listrik laut yang menggu­nakan arus laut.

Ia berharap, dalam tahun 2015 ini, penelitian yang dilakukan oleh Unpatti untuk wilayah Selatan Aru yang akan dijadikan sebagai salah satu potensi besar pembangunan energi listrik laut bisa diselesaikan.

“Tahun ini saya berharap, pene­litian sudah selesai dilakukan. Dan saya harapkan 2-3 tahun kedepan ada desa-desa Aru sudah bisa menggunakan listrik tenaga arus laut . apalagi laut Aru sangat cepat, sehingga kita akan cari yang cepat dulu, dan jika berkembang maka tahun-tahun berikutnya kabupaten yang lain,” katanya. (S-19)
- See more at: http://siwalimanews.com/post/aru_akan_dijadikan_model_pembangkit_listrik_tenaga_laut#sthash.zG798fcH.dpuf

Related-Area: