BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

56 Persen Angkatan Kerja di NTB Hanya Tamatan SD

56 Persen Angkatan Kerja di NTB Hanya Tamatan SD

    Written by  zainudin Syafari
    Wed,14 May 2014 | 21:25

KBR68H,Mataram -Sebagian besar angkatan kerja di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)  hanya tamatan Sekolah Dasar (SD).

Jumlah angkatan kerja lulusan SD yaitu sebanyak 1,1 juta orang  lebih atau 56 persen. Dengan kondisi  ini maka cukup sulit mengarahkan daerah NTB masuk pada kategori sedang untuk lulusan angakatan kerja.

Sekretaris komisi II bidang ekonomi DPRD NTB Mori Hanafi mengatakan, provinsi NTB baru bisa memasuki fase industri kecil, menengah ke bawah. Hal ini dinilainya lebih realistis mengingat memang pada saat ini sebagian angkatan kerja di daerah ini bekerja sebagai petani dan orang-orang yang bergerak dalam industri olahan kecil menengah.

“ Sebagian besar angkatan kerja di NTB, yaitu sebanyak 1.110.204 orang atau 56,02 persen bependidikan SD dan tidak sekolah. Dengan kondisi yang seperti ini memang sulit kita mengarahkan daerah kita untuk masuk pada industri olahan kategori sedang. Kita baru bisa memasuki fase pada industri kecil, menengah  dan bawah” kata Mori dalam sidang paripurna Rabu (15/5.

Mori Hanafi mengatakan,  jumlah penduduk yang bekerja di NTB per Agustus 2013 sudah mencapai 1,9 juta jiwa lebih. Jumlah ini mengalami kenaikan sebanyak  3 ribu orang dari tahun 2012. Padahal pertumbuhan ekonomi NTB mencapai 5,61 persen pada tahun 2013 lalu.

Editor: Luviana

Sumber: http://portalkbr.com/nusantara/nusatenggara/3246360_4265.html