BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

120 UMKM Pamer Produk

120 UMKM Pamer Produk
Kamis, 30 Oktober 2014 07:26 WIB

WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA

TRIBUNNEWS.COM.MAKASSAR  - Sekitar 120 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) se-Sulawesi Selatan (Sulsel) memamerkan produk khasnya pada pameran Smart Anging Mammiri di Celebes Convention Center (CCC), Tanjung Bunga, Makassar.
   

Pameran UMKM dan peluang bisnis terbesar di timur Indonesia tersebut dibuka Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sulsel Sidik Salam didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel AM Yamin, Rabu (29/10).
   

Program diadakan Pemerintah Provinsi Sulsel melalui dinas koperasi dan UMKM bekerja sama Dyandra Promosindo Makassar sebagai penyelenggara tersebut berlangsung hingga 2 November nanti.
   

Selain UMKM, pameran juga diisi unit bisnis, stan dari dinas koperasi dan UMKM kabupaten/ kota se-Sulsel, departemen terkait, maupun franchisor yang tak hanya menawarkan produk tapi kemitraan bisnis kepada masyarakat seperti Toserba Elektrik dan Kebab Kings.
   

Peserta menghadirkan beragam produk mulai pakaian, kerajinan tangan dan suvenir, makanan dan minuman, hingga kerajinan olahan memanfaatkan limbah.
   

Tamalaba UMKM yang beralamat di Jl Sabutung Lama, Tamalabba, Ujung Tanah, misalnya, yang memanfaatkan limbah sampah teh kemasan dalam gelas untuk menghasilkan kerajinan.
   

Produk yang dihasilkan beragam. Harga pun bervariasi. Songkok tanpa dalaman ditawarkan Rp 50 ribu dan songkok pakai dalaman seharga Rp 75 ribu. Tas tangan berkisar Rp 200 ribu-Rp 350 ribu, tutup bosara Rp 35 ribu-Rp 65 ribu, dan lainnya.
   

Norma, Ketua Tamalaba UKM, mengatakan pihaknya memanfaatkan limbah agar mengurangi banyaknya sampah beredar dan mengolahnya menjadi sesuatu yang berguna. “Dari limbah teh gelas yang tak bernilai bisa menjadi produk dengan harga jual,” katanya.

Talkshow

Pameran yang berlangsung selama lima hari tersebut akan dirangkaikan dengan berbagai kegiatan. Ada klinik bisnis setiap harinya pukul 10.00-18.00 wita. Pengunjung bisa konsultasi, bincang bisnis, maupun bertanya seputar produk bersama seluruh peserta pameran setiap harinya.
   

Pada penghujung pameran, 2 November, penyelenggara menggelar talkshow bisnis bersama Yusman dari Kangen Water dengan tajuk Mengubah Air Menjadi Emas.
   

Selain itu, eating contest atau kontes makan dengan tangan di belakang. Ada satu pemenang setiap hari. Sepanjang pameran, pengunjung bakal dihibur penampilan musik akustik dari band indie seperti Taman Indie Makassar dan Karaeng Management.
   

Selain itu, pengunjung pameran berkesempatan mendapatkan grand prize paket umrah dan satu motor New Honda Revo Fi. Cukup bertransaksi minimal Rp 250 ribu. Hadiah diundi pada penutupan.(cr2)



Sumber: http://www.tribunnews.com/regional/2014/10/30/120-umkm-pamer-produk

Related-Area: