BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Pemerintah Desa Warloka Gelar Rapat Kerja KPL dan Kader Desa

Pada hari Kamis 7 September 2017 diadakan Rapat Kerja KPL (Kelompok Pengguna Layanan) dan Kader Desa di Aula Kantor Desa Warloka. Kegiatan diikuti oleh seluruh anggota KPL dan Kader dari  3 sekolah sasaran KIAT Guru yang berada di wilayah Desa Warloka, kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai barat.  

Kepala Desa Warloka, Pak Abdola selaku pimpinan rapat memberi apresiasi kepada KPL dan Kader atas hasil kerja keras mereka dalam mengawasi dan menilai guru. Hal ini terbukti dengan sudah ada peningkatan dalam prestasi anak dan juga tingkat kemangkiran guru mulai menurun. Disamping itu juga Kepala Desa menghimbau agar Kader dan KPL yang belum aktif untuk lebih aktif lagi agar anak-anak Warloka pendidikannya setara dengan anak-anak kota.

Pada momen itu, Fasilitator Masyarakat KIAT Guru, Septiani mengutarakan harapannya kiranya pada kesempatan berikut, peran fasilitasi akan dilakukan oleh Kader. “Pada bulan ini adalah  terakhir saya memfasilitasi, jadi di bulan depan yang banyak berbicara di pertemuan penilaian adalah Kader dan KPL,” ungkapnya.

Pada kesempatan pertemuan tersebut, seluruh anggota KPL dan Kader menyepakati tanggal pertemuan tiap bulan sampai dengan Desember 2017. Adapun jadwalnya sebagai berikut : SDI lengkong Mbot setiap tanggal 4; SDI warloka tanggal 3; dan SDN Wae Wuul tanggal 1.

Dengan ditetapkannya jadwal itu, membuat Kepala Desa bisa memastikan kehadirannya. “Jadwal ini membantu saya untuk mengatur jadwal kerja, agar bisa mengikuti rapat penilaian nanti,” katanya.

KIAT Guru (Kinerja dan Akuntabilias Guru) merupakan program kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), didukung oleh Bank Dunia dengan pendanaan dari Pemerintah Australia,  dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di daerah pelosok dan terpencil

 

Penulis : Septiani Solfriyansi Maro

Wilayah: