Agama dan Kekerasan

Jakarta – “Jika aku bisa mengayunkan tongkat sihirku dan harus memilih apakah melenyapkan perkosaan atau agama, aku tidak akan ragu-ragu lagi untuk melenyapkan agama,” tulis Sam Harris, yang bersama Daniel Dennett dan Richard Dawkins dikenal sebagai the Unholy Trinity of Atheism.
“Agama sudah semestinya ditinggalkan manusia bukan karena alasan teologis, tetapi -masih kata Harris dalam The End of Faith: Religion: Terror and the Future of Reason – “karena agama telah menjadi sumber kekerasan sekarang ini dan pada setiap zaman di masa yang lalu”.

Manajemen dan Filsafat

Filsafat atau falsafah mempunyai banyak pengertian. Menurut Socrates, filsafat adalah suatu cara berpikir yang radikal dan menyeluruh atau cara berpikir yang mengupas sesuatu sedalam-dalamnya. Tetapi tugas filsafat tidak menjawab pertanyaan yang timbul dalam kehidupan, tetapi mempersoalkan jawaban yang diberikan. Berfilsafat adalah berpikir radikal atau sampai kepada radiks-nya (akarnya), menyeluruh dan mendasar. Hal-hal yang sekecil-kecilnyapun tidak akan luput dari pengamatan kefilsafatan. Pernyataan apapun dan betapapun sederhananya tidak diterima begitu saja oleh filsafat tanpa pengujian yang seksama.
 

Keren Armstrong : Sejarah Tuhan - Kisah Pencarian Tuhan dalam Agama-Agama Manusia

SEJARAH TUHAN : KISAH PENCARIAN TUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ORANG- ORANG YAHUDI, KRISTEN DAN ISLAM
Di terjemahkan dari
A History of God : The 4.000-Year Quest of Judaism, Christianity and Islam
Karya : Karen Armstrong
Copyright © 1993 oleh Karen Armstrong
Terbitan Ballantine Books, New York
Hak Terjemahan Bahasa Indonesia pada Penerbit Mizan

Kuliah 2 Sains, Teknologi & Agama AM part 10


Kuliah 2 Sains, Teknologi & Agama AM part 9