BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Kepulauan Rempah-Rempah: Perjalanan Sejarah Maluku Utara 1250-1950

Kepulauan Rempah-Rempah Perjalanan Sejarah Maluku Utara 1250 - 1950. Penulis: M. Adnan Amal. Penyunting: Taufik Adnan Amal

Summary: 

Sejak Francoise Valentijn menerbitkan karya monumentalnya, Oud en Nieuw Oost Indie, khususnya dalam jilid 1b, "Beschrijving der Moluccas,"1 maka telaah tentang sejarah Maluku (Utara) yang komprehensif bisa dikatakan terhenti untuk waktu yang cukup lama. Hampir seratus empat puluh tahun kemudian barulah muncul karya P. van der Crab, De Moluksche Eilanden,2 dengan fokus yang sama seperti Valentijn, tetapi dengan tambahan materi dan bahan-bahan kontemporer pada masa itu.
Sejak saat itu, sampai penghujung abad ke-20, belum muncul karya-karya yang mendeskripsikan sejarah Maluku (Utara) sebagaimana telah dilakukan kedua penulis Belanda di atas, sekalipun telah banyak lahir monograf mengenai daerah-daerah tertentu di kawasan tersebut.3 Baru pada 1993 Leonard J. Andaya, seorang penulis non-Belanda, mempublikasi bukunya, The World of Maluku,4 yang berupaya merekonstruksi sejarah Maluku secara komprehensif dengan menyerap data dari para penulis dan dokumen-dokumen Belanda, serta sumber-sumber Spanyol, Portugis dan Inggris.

Rating: 
Average: 5 (1 vote)