BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Star untuk Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan

Star untuk Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan 
Thursday, 24 April 2014 07:30

MANADO – Program Star atau State Accountability Revitalization diinisiasi pemerintah untuk berkonsentrasi meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan pada instansi-instansi pemerintah. Ini dikhususkan pada peningkatan  kompentensi staf pengelola keuangan negara dan internal auditor pemerintahan. Dalam program Star-SDP, BPKP berperan sebagai project implementation unit. Hal ini disampaikan Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang diwakili Kepala Inspektorat Drs MM Onibala MSi saat membuka Sosialisasi dan Outreach Program Star yang dilaksanakan oleh BPKP Perwakilan Sulut, di Arya Duta Hotel. “Program ini mendukung reformasi di bidang manajemen keuangan dan audit sektor publik, yang pendanaannya berasal dari pinjaman (loan) Asian Development Bank (ADB),” ujar Onibala.

Pengawasan dan penerapan prinsip akuntabilitas atas pelaksanaan kewenangan pemerintah menjadi mainstream dalam manajemen pemerintahan sehingga harus diterapkan standar kinerja sejauh mana target  dan tujuan yang telah dicapai. “Hal ini bisa dijadikan rujukan dalam konteks akuntabilitas publik baik secara vertikal maupun horizontal.  Di sinilah terletak urgensi pengawasan atau audit kinerja untuk akuntabilitas terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah,” bebernya. Lebih lanjut Onibala mengatakan bahwa peran Inspektorat dan BPKP tidak berguna jika seluruh kab/kota di Sulut mendapat opini disclaimer. Oleh karena itu, lanjutnya,  perlu perhatian terhadap manajemen pengelolaan keuangan yang baik.

Kepala BPKP Perwakilan Provinsi sulut Adil HP Simanjuntak mengatakan, program Star bertujuan untuk tata kelola keuangan baik agar lebih meningkatkan efisiensi, efektivitas dan pengawasan keuangan publik. “Di samping itu program ini untuk memperkuat SDM auditor dalam melakukan pengawasan,” tandasnya. Hadir pada kesempatan itu Kepala Biro Perencanaan dan Pengawas Program Star BPKP Justan Ridwan Siahaan. Acara sosialisasi ini dikuti oleh para Kepala Inspektur dan Kepala BKD se-Sulut.(tr-03/gyp)
 

Sumber: http://www.mdopost.com/hariini/index.php?option=com_content&view=article&id=10515:star-untuk-akuntabilitas-pengelolaan-keuangan&catid=38:publika&Itemi...