BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Simpanan Online Sahabatku, Aplikasi Tabungan Online Pertama Koperasi, Ini Kelebihannya

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati berinovasi untuk tingkatkan layanan. Koperasi ini meluncurkan produk berbasis online yang diberi nama Simpanan Online Sahabatku (Sobatku).

Hadirnya tabungan online bernama Sobatku disambut positif oleh Kementerian Koperasi dan UMKM.

Sekretaris Deputi Bidang Kelembagaan Kemenkop dan UMKM, Bagyo yang meresmikan aplikasi ini menuturkan, layanan tersebut menjadi salah satu jawaban bagi industri koperasi dalam meningkatkan strategi nasional keuangan inklusif (SNKI).

 "Berdasarkan data Bank Indonesia saat ini penerapan SNKI baru 30 persen, oleh sebab itu Presiden memberi tantangan agar koperasi mampu berperan dalam meningkatkan keuangan inklusif hingga 70 persen," kata Bagyo.

 Hingga saat ini sudah ada 1.200-an peserta Sobatku yang mendaftarkan diri, setelah kemarin resmi dilaunching di Lapangan Karebosi Makassar.

 "Untuk di Makassar sudah ada 350-an peserta. Semoga ini akan terus meningkat ke depannya. Namun KSP Sahabat Mitra Sejati jangan berpuas diri, ini masih awal. Terus kembangkan inovasinya," katanya.

Sobatku sendiri merupakan tabungan online berbasis aplikasi yang ditujukan untuk mereka yang tidak sempat ke Bank. Di mana setiap orang dapat membuka rekening tabungan dan menikmati layanan laiaknya di perbankan dengan menggunakan smartphone.

Pengawas KSP Sahabat Mitra Sejati, Dodong Cahyono di sebelum dilauching di expo Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) di Lapangan Karebosi menuturkan, penabung juga dapat menabung di jaringan minimarket Alfamart dan Alfamidi di seluruh Indonesia.

"KSP Sahabat Mitra Sejati didukung Bank Sampoerna memberi kemudahan bagi masyarakat memanfaatkan uang nganggur untuk menabung. Lebih uniknya lagi, nomor ponsel adalah merupakan nomor rekening Sobatku. Hingga saat ini (kemarin) sudah terdaftar 1.200 peserta Sobatku," kata Dodong.

Dengan menabung melalui belasan ribu gerai Alfamart dan Alfamidi, pengguna Sobatku juga menikmati waktu layanan yang lebih panjang dan lebih mudah dibandingkan dengan layanan melalui cabang bank konvensional. Selain itu di produk ini juga tidak mengenakan biaya administrasi dan saldo minimal.

 Beberapa layanan pun bisa didapat secara gratis, seperti pembelian pulsa dan berbagai TV berbayar, serta transfer ke sesama pengguna Sobatku dan rekening Bank Sahabat Sampoerna.

 "Khusus di Makassar sudah ada sekitar 350 peserta. Kami optimis Sobatku dapat diterima oleh masyarakat. KSP Sahabat Mitra Sejati bersyukur dapat menjadi koperasi pelopor dalam layanan tabungan berbasis online," ujarnya.

Aplikasi Sobatku dapat diunduh secara gratis melalui Google Play dan App Store.

 

Sumber : http://makassar.tribunnews.com/2017/07/14/simpanan-online-sahabatku-diharapkan-dorong-bisnis-koperasi

http://makassar.tribunnews.com/2017/07/14/sobatku-aplikasi-tabungan-online-pertama-koperasi-ini-kelebihannya

Related-Area: