BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Selamatkan Hutan dengan Menanam Pohon

Written on November 25th, 2014 by Aslan Akuba
Selamatkan Hutan dengan Menanam Pohon
Posted in Berita Utama, Limboto

LIMBOTO – Puluhan mahasiswa Universitas Gorontalo (UG) jurusan Kehutanan menggelar aksi teatrikal di depan Kampus Senin (24/11). Dalam aksi yang menyedot perhatian warga itu guna memperingati hari pohon sedunia. Pantauan Gorontalo Post, dalam kegiatan yang digelar selama kurang lebih satu jam, ditandai dengan beberapa aksi diantaranya pemberian ratusan bibit pohon oleh para mahasiswa kepada masyarakat yang melintas di lokasi tersebut.

Dalam orasinya salah satu Mahasiswa Kehutanan mengungkapkan, selama tiga dekade. Sektor kehutanan telah menjadi penopang utama pembangunan nasional melalui perannya sebagai penghasil devisa, pembangkit aktivitas sektor lain dan pendorong utama pertumbuhan ekonomi nasional.

Namun disisi lain, pemanfaatan sumber daya hutan dan pohon telah menyebabkan timbulnya permasalahan sosial, ekonomi dan lingkungan. Bahkan menurutnya, isu kerusakan hutan menarik perhatian publik nasional maupun internasional, maupun internasional serta menimbulkan kesadaran dan spirit bagi berbagai kalangan masyarakat dan pentingnya menata dan memulihkan kualitas hutan indonesia. Untuk itu pentingnya menanam pohon untuk kelestarian hutan dan kesejahteraan masyarakat yang ada di lingkungan kita.

Pasalnya, menurut para orator, bahwa pohon-pohon yang kita tanam dan kita pelihara untuk memenuhi aneka ragam kebutuhan manusia, telah dijadikan sebagai sasaran oleh pelakuillegal logging. “Kerusakan hutan telah divonis masyarakat sebagai penyebab terjadinya bencana alam berupa banjir dan tanah longsor pada musim hujan, kekeringan pada musim kemarau serta perubahan iklim dan pemanasan global. Jadi sudah merupakan tugas kita untuk mengupayakan terjaminnya keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan dan peningkatan kemampuan kelestarian pohon,” urainya. (ded)



Sumber: http://gorontalopost.com/2014/11/25/selamatkan-hutan-dengan-menanam-pohon/

Related-Area: