BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Program Pro Rakyat Primadona

Program Pro Rakyat Primadona
Thursday, 24 April 2014 06:37

MANADO — Program-program pro rakyat Pemkot Manado menjadi primadona di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kunjungan studi banding dari pemerintah kabupaten/kota lainnya ke Ibu Kota Provinsi Sulut ini. Kali ini, rombongan studi banding datang dari Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Rombongan yang dipimpin Sekkab Seluma, H Safrudin, ini diterima Assisten 1 Bidang Pemerintahan Joshua Pangkerego, di Ruang Toar Lumimuut, Kantor Wali Kota, Rabu (23/4).

"Atas nama Pemkot Manado, saya minta maaf karena Wali Kota Dr GS Vicky Lumentut dan Wawali Dr Harley AB Mangindaan serta Sekkot Ir MHF Sendoh sedang ada kegiatan di luar yang sudah diagendakan," beber Pangkerego. Dia memaparkan, program-program di Manado merupakan program pro rakyat, buah pikir wali kota dan Wawali. "Seperti UC (Universal Coverage), dimana warga Manado mendapatkan pelayanan berobat gratis; ada juga santunan duka sekira Rp2,5 juta; PBL Mapaluse di tiap lingkungan; dan juga konsep ASPOL untuk mengurangi dan mencegah kemacetan lalulintas di Manado," bebernya.

Selain itu, menurut Pangkerego, sejak 2010 Manado telah dicanangkan sebagai salah satu dari 14 kota sebagai tujuan meeting, incentive, convention, dan exhibition (MICE) oleh pemerintah pusat. Dan beberapa dekade terakhir, kegiatan pariwisata Manado tumbuh signifikan. "Dimana, Pemkot  memperluas usaha pariwisata, tidak hanya untuk menarik wisatawan, tetapi juga memanfaatkan kemegahan alam sebagai latar belakang untuk pertemuan dan konvensi yang lengkap dengan perbaikan akses jalan dan bandara," terang Pangkerego.

Sementara itu, Safrudin mengutarakan, sepak terjang Pemkot Manado dalam mensejahterahkan rakyat dengan program pro rakyat yang menjadi daya tarik Pemkab Seluma. "Maksud kedatangan dan tujuan kami ke Manado untuk belajar tentang pemerintahan yang kami dengar banyak mendapatkan pujian dan penghargaan. Apalagi Seluma tergolong kabupaten baru yang berjalan 11 tahun, jadi masih banyak yang harus kami pelajari," ungkapnya.

Ditambahkannya, Seluma juga memiliki daerah pantai dan pegunungan yang sama dengan Manado. "Jadi kami memutuskan datang ke Manado untuk belajar akan semua sektor yang ada. Terlebih program-program penunjang yang telah dilakukan oleh Pemkot Manado," tutup Safrudin. (ian/irz

Sumber: http://www.mdopost.com/hariini/index.php?option=com_content&view=article&id=10471:program-pro-rakyat-primadona&catid=60:kawanuapolis&Itemid=65