BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Permintaan Proposal ke-12 Kemitraan Konservasi Wallacea

Kemitraan Konservasi Wallacea merupakan program kemitraan yang dilaksanakan oleh Burung Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dan peran organisasi masyarakat sipil dalam pelestarian keragaman hayati di kawasan biogeografi Wallacea. Program ini didukung oleh Critical Ecosystem Partnership Fund (CEPF).

Burung Indonesia mengundang organisasi masyarakat sipil yang memiliki kompetensi untuk mengajukan proposal hibah proyek sesuai dengan salah satu topik berikut:
1. Strategi pengelolaan keragaman hayati yang berada di luar kawasan konservasi. Topik ini mencakup kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

Mempromosikan strategi serta kebijakan tentang perlindungan keragaman hayati yang berada di luar kawasan konservasi, baik yang bersumber dari komitmen (konvensi) internasional maupun hukum dan kebijakan nasional.
Mempromosikan praktik yang berhasil dan pembelajaran dari kawasan Wallacea sebagai masukan bagi kebijakan nasional tentang pengelolaan keragaman hayati di luar kawasan konservasi.

2. Kemitraan antara bisnis dengan masyarakat sipil dalam pelestarian keragaman hayati yang dapat meliputi sub-sub topic:

Pemetaan interaksi sektor swasta dengan konservasi keragaman hayati
Peningkatan kapasitas menuju kemitraan untuk pelestarian keragaman hayati

3. Mengintegrasikan pelestarian keragaman hayati ke dalam kebijakan anggaran. Topik ini merupakan kajian untuk menghasilkan kertas posisi tentang pilihan-pilihan kebijakan anggaran yang mendukung upaya-upaya pelestarian kehati dan pengendalian perubahan iklim.

ATURAN DASAR PENGAJUAN PROPOSAL

Eligibilitas
Pengusul merupakan organisasi masyarakat sipil yang memiliki legalitas dan sistem pengelolaan keuangan yang akuntabel.

Prinsip Dasar Pengajuan Proposal
Proyek yang diusulkan mendukung arahan strategis (strategic direction) dan prioritas investasi (investment priority) Program Kemitraan Wallacea sebagaimana tertuang dalam The Ecosystem Profile for the Wallacea Hotspot. Secara spesifik, proposal harus menyasar satu dari tiga topik di atas yang ditranformasikan dari:

1. Strategic Direction 2 Investment Priority 2 Develop and implement management approaches that integrate sustainable use by business or local stakeholders with conservation of ecosystem values in KBAs outside official protected areas (Topik 1)
2. Strategic Direction 5 Investment Priority 1 Engage with the private sector, business associations and chambers of commerce so that corporate social responsibility funding supports the goals of the ecosystem profile dan 5.2 Encourage mining and plantation companies and their funders and buyer, to consider conservation values in management of concessions and rehabilitation of production areas (Topik 2)
3. Strategic Direction 2 Investment Priority 4 Work with central and local governments on specific legal and policy instruments for better site management, and build a constituency of support for their promulgation and implementation (Topik 3)Naskah lengkap The Ecosystem Profile fo the Wallacea Hotspot dapat diunduh pada tautan berikut: Ecosystem Profile-Wallacea
4. Proyek yang diusulkan memiliki kesesuaian antara nilai proyek dengan capaian yang akan dihasilkan (cost effective).
5. Proyek yang dapat didanai berjangka waktu paling lama 6 bulan.
6. Pengusul memiliki rekening bank atas nama lembaga, khusus untuk menampung dana hibah.

Persyaratan Pengajuan Proposal

  • Mengirimkan konsep proposal menggunakan format pra-proposal yang telah disediakan.
  • Melampirkan Rencana Anggaran Biaya Proyek, sesuai format yang telah disediakan.
  • Melampirkan Akte Pendirian Lembaga (wajib) dan bukti terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia (jika ada).
  • Melampirkan hasil audit eksternal (jika tersedia) atau laporan keuangan lembaga dua tahun terakhir.

Mekanisme Pengajuan Proposal

  • Format proposal, LFA dan anggaran dapat diunduh (download) di wallacea.org (Template Proposal Small Grant, Format Budget) atau diperoleh dari Grant Management Officer Burung Indonesia (Sdri. Rini Suryani, email: r.suryani@burung.org, telp. 0811 1975 836).
  • Proposal yang telah siap diajukan dikirimkan via e-mail ke wallacea@burung.org, atau melalui pos ke: Burung Indonesia, Jl. Dadali No. 32 Bogor 16161. Telp 0251 8357222.
  • Tuliskan pada subject email: nama lembaga _SG12 Wallacea (contoh: Yayasan A_ SG12 Wallacea).

Seleksi Proposal

  • Proposal yang diajukan akan diregistrasi, diperiksa, dan dinilai oleh Panel Penilai Proposal. Proses seleksi berjalan selama 1 bulan sejak penutupan penerimaan proposal. Selama periode tersebut pengusul tidak diperkenankan melakukan komunikasi dalam bentuk apapun dengan Burung Indonesia mengenai proposal.
  • Proposal yang sudah diregistrasi akan diinformasikan secara tertulis kepada lembaga pengusul melalui email atau dikirimkan langsung melalui pos.
  • Bagi proposal yang dinyatakan lolos seleksi, Burung Indonesia akan menghubungi pengusul perihal persiapan hibah proyek. Sedang bagi proposal yang dinyatakan tidak lolos seleksi, Burung Indonesia akan menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada pengusul.

Unduh Dokumen:

Template Format Budget
Template Proposal Small Grant

Profil ekosistem wallacea dapat diunduh pada tautan berikut: Profil Ekosistem Wallacea

Semua pertanyaan mengenai pengajuan proposal disampaikan sebelum penutupan penerimaan proposal melalui email: hibah.wallacea@burung.org atau menghubungi Grant Management Officer Burung Indonesia, Rini Suryani (telp. 0811 1975 836).