BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Pemprov Gorontalo Asuransikan 865 Nelayan

Minggu, 3 Februari 2019 18:27 WIB

Gorontalo, (Antara News) - Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Perikanan dan Kelautan mengasuransikan 865 nelayan di daerah itu.

Asuransi dengan premi Rp127.000 per orang per tahun itu ditanggung pemerintah, atau gratis untuk satu tahun pertama.

"Asuransi yang pertama diurus dan digratiskan oleh pemerintah provinsi. Setelah berakhir, tahun kedua tolong masing-masing-masing pemilik asuransi memperpanjang sendiri dengan biaya sendiri. Biayanya murah, lebih murah dari harga rokok,? kata gubernur di Gorontalo, Minggu.

Sebelumnya penyerahaan premi secara simbolis dilakukan oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie usai menggelar Silaturahmi dan Dialog dengan Petani dan Nelayan di Desa Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, Sabtu.

Dari sekitar 19.000 nelayan Gorontalo, baru 11.000 di antaranya yang memiliki asuransi. Pada tahun 2018, pemprov menargetka? ada penambahan 6.000 nelayan, namun hanya 2.400 yang sudah memiliki asuransi.

"Manfaatnya apabila nelayan melaut dan meninggal dunia, itu mendapatkan klaim sebanyak Rp200 juta. Ada kecelakaan di darat Rp40-60 juta," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Gorontalo, Sutrisno.

Selain asuransi perikanan, Gubernur juga mendorong petani untumengasuransikan sawah dan ternak mereka.

Asuransi tersebut sudah dirasakan manfaatnya oleh Rustam Yusuf, peternak asal Desa Hutamonu Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo. Bantuan ternak sapi yang ia terima Agustus 2018 lalu mati setelah tiga bulan dipelihara.

Ia mengaku beruntung sudah mengasuransikan ternak tersebut dengan premi Rp40.000 per tahun.

"Saya mendapat klaim Rp10 Juta. Alhamdulillah itu sudah lebih dari cukup untuk membeli sapi baru untuk diternak," kata Rustam.
Pewarta : Debby H. Mano
Editor: Hence Paat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

 

Sumber: https://gorontalo.antaranews.com/berita/63914/pemprov-gorontalo-asuransikan-865-nelayan

Related-Area: 
Tag Referensi: