BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Pemkot Manado Tanggung Biaya Berobat Korban Banjir

Pemkot Manado Tanggung Biaya Berobat Korban Banjir

    Written by  Jerry Mukuan
    Sun,02 February 2014 | 20:44

Pemkot Manado Tanggung Biaya Berobat Korban BanjirPascabanjir Manado. (Antara Foto)
 
 KBR68H, Manado - Pemerintah Kota Manado akan menanggung semua biaya berobat warganya yang terdampak bencana. Biaya gratis pengobatan ini diberikan kepada mereka kehilangan kartu identitas akibat banjir.

Walikota Manado Vicky Lumentut mengatakan, biaya berobat gratis juga diberikan kepada mereka yang tidak masuk sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

“Untuk Manado secara keseluruhan program Universal Coverage masih jalan, Jadi selain yang sudah di daftar di dalam BPJS. Diluar itu pemerintah kota masih memberikan perlindungan kesehatan. Kena banjir langsung saja menyebutkana namanya di sana dan di mana alamatnya, harapan kami tentunya tidak ada yang akan berdusta disini kan. Jadi manfaatkan fasilitas dan khususkan yang kena dampak banjir dan tidak ada identitas lagi ya sebutkan saja disana,” ujar Vicky Lumentut.

Vicky Lumentut menambahkan, Pemerintah Kota juga telah membuka 50 Posko kesehatan bagi warga yang terdampak bencana. Posko itu tetap berjalan selama masa perpanjangan status tanggap darurat bencana. Menurutnya, posko kesehatan tersebut bekerja sama dengan swasta dan LSM kesehatan.

Dinas Kesehatan Kota Manado menyebutkan ada sekira 4500 warga yang terkena Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) pascabencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi pertengahan Januari lalu.

Editor: Anto Sidharta

Sumber: http://www.portalkbr.com/nusantara/sulawesi/3117663_4445.html