BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Pemkab Komit Benahi 9 Isu Strategis Pembangunan

Pemkab Komit Benahi 9 Isu Strategis Pembangunan

Oleh Ria Uloli - Fri Apr 04, 10:41 am

TILAMUTA – Peningkatan program pembangunan hampir di semua sector nampaknya menjadi komitmen pemerintah daerah untuk terus ditingkatkan.

Pemerintah daerah sejak dua tahun lalu focus dalam menata dan mengembangkan serta membenahi pembangunan pada 9 isu strategis pembangunan. Menurut Bupati Boalemo Drs. H. Rum Pagau bahwa isu strategis yang menjadi perhatian pemerintah daerah untuk terus dibenahi secara cepat dan tepat adalah pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan social kemudian penanggulangan kemiskinan, perbaikan infrastruktur daerah, mengangkat potensi ekonomi local dan investasi daerah, mendorong kreatifitas, inovasi dan prestasi masyarakat, tata ruang dan lingkungan hidup, kualitas pelayanan, tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi serta ketahanan pangan.

Hal ini disampaikan Bupati Boalemo Drs. H. Rum Pagau disela-sela pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran tingkat Kabupaten Boalemo tahun 2014 yang dilaksanakan di Alun-Alun Tilamuta belum lama ini. Menurut Bupati Rum Pagau bahwa kesembilan isu strategis tersebut jika dapat ditangani dengan baik dan tepat maka sangat mungkin kabupaten Boalemo akan menjadi daerah yang benar-benar maju dan berkembang. Dari beberapa isu tersebut maka beberapa hal yang perlu ditangani dengan cepat selain dari perbaikan infrastruktur jalan misalnya penuntasan tuna aksara, pemerataan akses pendidikan dasar terutama di kecamatan yang akses jalan dan jembatannya memerlukan perhatian kemudian pemerataan guru dan tenaga pendidik.

Selain hal tersebut dibidang kesehatan antara lain ketersediaan tenaga dokter puskesmas di daerah tertinggal, ketersediaan bidan desa, air bersih dan sanitasi serta ketersediaan gizi seimbang bagi ibu hamil dan menyusui. Dan yang terakhir adalah peningkatan daya beli masyarakat. Untuk mendukung hal tersebut maka kedepan perlu dibangun kawasan pedesaan dengan memanfaatkan potensi unggulan local yang tentunya harus didukung dengan infrastruktur yang memadai dalam rangka menciptakan pusat ekonomi baru diwilayah pedesaan. (gip)

Sumber: http://gorontalopost.com/2014/04/04/pemkab-komit-benahi-9-isu-strategis-pembangunan/