BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Pembangunan Global Hub Kayangan, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Mataram (suarantb.com) – Mengenai rencana pembangunan Global Hub Bandar Kayangan, Bupati Kabupaten Lombok Utara, Dr. H. Najmul Akhyar, SH,MH mengaku saat ini tengah dilakukan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) untuk menyesuaikan dengan rencana pembangunan Global Hub.

“Sedang dalam proses revisi RTRW, karena kemarin kita bicara di forum internasional di Jakarta memang salah satu syaratnya nanti untuk memperlancar proses pembangunan Global Hub itu adalah harus sesuai dengan RTRW Lombok Utara,” ungkapnya dikonfirmasi di Mataram, Kamis, 14 September 2017.

Revisi ini diakui Najmul dilakukan karena RTRW KLU tahap pertama belum mencakup rencana pembangunan Global Hub. Sehingga diperlukan revisi untuk memasukkan Kecamatan Kayangan dan Bayan sebagai lokasi pembangunan Global Hub.

“Pada saat penyusunan RTRW yang pertama itu belum terpikirkan untuk membangun Global Hub, sekarang alhamdulillah sudah masuk. Tinggal memasukkan saja Kecamatan Kayangan dan Bayan itu sebagai dua kecamatan tempat Global Hub itu dibangun,” imbuhnya.

Ditambahkannya, saat ini revisi RTRW tersebut sudah mencapai 70 persen. Tidak ada kesulitan berarti, hanya proses yang dilalui cukup panjang. Namun, Ketua DPC Demokrat Lombok Utara ini meyakinkan revisi RTRW tersebut bisa rampung tahun 2017.

Terkait masalah lahan, diakuinya akan dilakukan proses pembebasan lahan oleh panitia dari pemerintah pusat dengan membeli lahan-lahan yang akan digunakan untuk pembangunan Global Hub.

“Masyarakat kita yang tanahnya terkena dengan pembangunan itu, menurut pihak ketiga kemrin akan ditempatkan pada komplek perumahan yang sudah disediakan. Kemudian, 10 persen saham dari Global Hub nantinya akan diberikan pada masyarakat kita,” pungkasnya.

Menurut Najmul Akhyar, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara saat ini tengah melakukan sosialisasi mengenai rencana pembangunan Global Hub pada masyarakat Lombok Utara. (ros)

Sumber : http://www.suarantb.com/news/2017/09/14/245223/Pembangunan.Global.Hub.Kayangan,Ini.Syarat.yang.Harus.Dipenuhi

Related-Area: