BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Opini WTP Semakin Terwujud

Opini WTP Semakin Terwujud

Oleh Aslan Akuba - Wed Apr 16, 11:05 am

Disunting olehAslan Akuba

SUWAWA – Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Bone Bolango saat ini telah memilik aplikasi Simda Pendapatan, Selasa (15/4). Hadirnya aplikasi ini diharapkan pengelolaan keuangan daerah, khususnya dalam hal pendapatan, bisa berjalan dengan tertib, lebih cepat, dan efesien serta datanya lebih akurat.Menurut Kepala Sub Direktoral (Kasubdit) Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah III BPK Pusat Nyoman Suprayatna, melalui aplikasi ini, output daripada pendapatan bisa diketahui lewat database yang ada di aplikasi tersebut. Bahkan database wajib pajak dan laporan mengenai pendapatan perbulan, per triwulan dan tahunan bisa diketahui lewat aplikasi itu.

“Tidak hanya itu, tunggakan pajak pun bisa diketahui secara tepat pada aplikasi Simda Pendapatan,” katanya. Ditambahkannya, aplikasi ini akan menunjang dan mendukung strategi untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), “Aplikasi ini tentu sangat bagus dan bisa berjalan dengan baik, bila didukung dengan SDM yang mengoperasikannya bagus dan tahu subtansinya. Olehnya, kepada pengelola aplikasi ini terutama pengelola pendapatan daerah, diharapkan agar memahami dan mempelajari subtansi Undang-undang tentang pajak dan retribusi daerah yang menjadi wilayah peningkatan pajak daerah,” katanya.

Sementara itu, Kepala DPPKAD Bone Bolango Slamet Wiyardi melalui Kabid Pendapatan Syahrudin Porindo menyambut baik dan apresiasi Aplikasi Simda Pendapatan. Pihaknya berharap, dengan adanya aplikasi ini bisa memacu DPPKAD, khususnya Bidang Pendapatan untuk lebih bekerja keras mengintensifkan PAD, karena sudah ditunjang dengan sistem aplikasi yang komprehensip.

Selain itu, tujuannya lainnya adalah pengelolaan keuangan, khususnya pendapatan lebih transparan serta akses data terkait pendapatan lebih mudah dan cepat, serta akuntabilitas kinerja lebih terjamin. “Mudah-mudahan dengan pengelolaan pendapatan yang lebih baik menggunakan aplikasi Simda Pendapatan ini, maka peluang memperoleh predikat pengelolaan keuangan WTP Insya Allah akan terwujud,” tukas Syahrudin. (axl)

Sumber: http://gorontalopost.com/2014/04/16/opini-wtp-semakin-terwujud/