BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Norwegia Dukung Penuh Program Konservasi Papua Barat

Norwegia dukung penuh program konservasi Papua Barat

Kamis, 14 Februari 2019 22:47 WIB

Menteri Iklim dan Lingkungan Hidup Kerajaan Norwegia, Ola Elvestuen dalam kunjungan ke Papua Barat di Sorong, Kamis, mengatakan, kehadiranya di daerah tersebut sebagai bukti keseriusan negaranya dalam mewujudkan dukungan terhadap progam tersebut.

Hal ini pula, dilakukan untuk menindaklanjuti hasil pertemuan antara pemerintah kerajaan dengan Gubernur Papua Barat di Norwegia beberapa waktu lalu.

"Saya sepakat dengan gubernur Papua Barat, bahwa kita tidak dapat hidup di bumi yang sakit dan hal ini juga terjadi di Norwegia dan negara antartika, dimana perubahan iklim terjadi sangat cepat," kata Elvestuen

Norwegia bersama negara-negara lain termasuk Indonesia sudah sepakat bekerjasama dalam mengatasi perubahan iklim. Kerjasama ini sudah berlangsung selama 10 tahun.

Pemerintah kerajaan pun berkomitmen meningkatkan kerjasama dengan Indonesia diantaranya dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Papua Barat. Provinsi ini dinilai masih memiliki hutan yang sangat luas dan berperan penting bagi dunia.

Pemerintah Norwegia melalui diskusi dengan gubernur di Norwegia berkonsentrasi pada konservasi keanekaragaman hayati. Bukan hanya untuk kawasan hutan tapi juga laut.

"Kami juga siap mendukung hingga dalam bentuk pendanaan. Kami berharap pada diskusi yang akan di lakukan dapat menghasilkan kesepakatan dan komitmen dalam mewujudkan program konservasi lingkungan ini," sebutnya lagi.

Dalam kunjungan ini, rombongan penerintah Norwegia didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yang diwakilkan Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Doktor Ruandha Sugerdirman.

Pertemuan itu dilakanakan di salah satu hotel di Kota Sorong. Rombongan disambut langsung oleh gubernur Mandacan.

Pewarta : Toyiban
Editor: Key Tokan Abdul Asis
COPYRIGHT © ANTARA 2019

 

Sumber: https://papuabarat.antaranews.com/berita/2507/norwegia-dukung-penuh-program-konservasi-papua-barat

Related-Area: 
Tag Referensi: