BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Menyeberangi Teluk Tomini

Menyeberangi Teluk Tomini

Oleh: Dahlia Irawati dan Gregorius Magnus Finesso

GORONTALO, KOMPAS — Etape keenam ”Kompas” Jelajah Sepeda Manado-Makassar, Sabtu (23/8), sangat berbeda jika dibandingkan dengan lima etape sebelumnya. Jika lima etape sebelumnya penggowes harus bekerja keras mengayuh sepeda, pada etape keenam ini peserta hanya bisa pasrah diayun-ayunkan oleh gelombang Teluk Tomini.

Etape ini adalah etape laut sebab peserta menempuh 40 kilometer rute dari Pelabuhan Marisa (Gorontalo) ke Ampana (Sulawesi Tengah) tidak dengan menggowes, tetapi dengan naik feri selama lebih kurang 15 jam. Rombongan berangkat dari hotel di Kota Marisa sekitar pukul 06.00 dan diperkirakan tiba di Pelabuhan Ampana sekitar pukul 23.00.

Setiba di Pelabuhan Ampana, peserta juga harus menggowes di tengah malam menuju hotel dengan jarak tempuh sekitar 10 kilometer. Peserta diperkirakan tiba di hotel sekitar pukul 00.00 dan baru beristirahat pukul 01.00.

”Bagaimana, ya, rasanya di atas kapal selama 15 jam? Paling hanya tidur untuk memulihkan tenaga. Tapi, rasanya saya harus minum obat antimual terlebih dulu agar tidak muntah,” tutur Evi Marwati (42), penggowes asal Bandung.

Semangat serupa diungkapkan Rima Yulfia Pratama (25), peserta Kompas Jelajah Sepeda Manado-Makassar asal Padang. Tanpa beban, ia memilih terus mengikuti jelajah sepeda daripada mengikuti prosesi wisuda di kampusnya, Universitas Andalas, Padang, Sabtu (23/8).

”Orangtua saya tidak masalah saya tidak ikut wisuda. Jadi, saya bisa ikut jelajah sepeda ini. Saya memang ingin menjelajah Nusantara dengan bersepeda. Bersepeda diselingi naik kapal adalah tantangan tersendiri. Ini pengalaman yang menarik,” tuturnya.

Meski hanya naik kapal selama 15 jam, penggowes dihadapkan pada tantangan kurangnya waktu istirahat. Pada Jumat, peserta mulai tidur pukul 01.00 dan harus bangun pukul 06.00 untuk persiapan etape ketujuh. Etape ketujuh, Ampana-Poso, akan dimulai pukul 08.00 pada Minggu. Artinya, peserta hanya bisa beristirahat sekitar lima jam, lalu disusul sarapan dan siap-siap untuk menggowes etape ketujuh.

Etape ketujuh menempuh rute Ampana-Poso dengan jarak 162 km. Tingkat ketinggian medan mencapai 147 mdpl.

Meski kelihatannya etape keenam tidak menggowes, hal ini cukup berat karena istirahat untuk etape berikutnya sangat singkat.



Sumber: http://print.kompas.com/KOMPAS_ART0000000000000000008481963

Related-Area: