BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Manado Pilot Project Penanganan Risiko Bencana

Manado Pilot Project Penanganan Risiko Bencana
Friday, 25 April 2014 08:53

MANADO — Sejak dinahkodai Dr GS Vicky Lumentut, Pemkot Manado terus membuat terobosan. Kali ini, Manado ditetapkan sebagai pilot project program penanganan resiko bencana oleh  Asian Development Bank (ADB). "Pemerintah kota dan warga Manado patut bersyukur, karena hanya Manado dan Padang, perwakilan di Indonesia yang mendapatkan proyek penanganan risiko bencana dari ADB," beber pria yang akrab disapa GSVL ini saat membuka pelatihan dan diskusi penanggulangan bencana tersebut, kemarin.

Ia menuturkan, Manado memang daerah yang rawan bencana, sehingga sangat bermanfaat adanya bantuan kemanusiaan dari ADB. Tapi dari semuanya itu, ia berharap tidak ada lagi bencana di Kota Model Ekowisata ini. "Pelatihan penanganan risiko bencana seperti ini sangatlah baik. Itu guna mencegah dan minimalisir korban jiwa, maupun kerugian harta benda," kata GSVL.

Sementara itu, Koordinator proyek ADB di Indonesia Peter Clark menjelaskan, pengendalian dampak untuk menanggulangi bencana di Manado sudah dilakukan usai bencana 15 Januari lalu. Dan pihaknya sangat membutuhkan berbagi informasi seputar bencana di Manado. "Kami datang ke Manado untuk melakukan pelatihan dan bantuan soal penanganan risiko  bencana. Semoga ini bisa meringankan maupun mencegah dampak bencana itu nantinya," beber Clark. (ian)

Sumber: http://www.mdopost.com/hariini/index.php?option=com_content&view=article&id=10521:manado-pilot-project-penanganan-risiko-bencana&catid=60:kawanuapolis...