BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Banjir Manado, PLN Merugi Rp 37 Miliar

Banjir Manado, PLN Merugi Rp 37 Miliar
TEMPO.COTEMPO.CO – 1 jam 5 menit lalu

TEMPO.CO, Manado - Manager Cabang Perusahaan Listrik Negara (PLN) Manado, Yarid Pabisa, mengatakan pihaknya membutuhkan tenaga relawan untuk membersihkan fasilitas yang terendam lumpur akibat banjir bandang Manado. Menurut Pabisa, gara-gara banjir bandang yang menerjang Kota Manado, 15 Januari 2014 lalu, PLN Manado merugi hingga Rp 37 milliar.

"Yang kami catat itu ada 315 gardu PLN yang diterjang air pada saat hari kejadian," kata Pabisa, Rabu, 5 Februari 2014.

Banjir bandang menerjang Manado pada 15 Januari 2014. Akibatnya, belasan orang tewas dan ratusan rumah rusak. (Baca juga: Pangdam Banjir Manado Tewaskan 19 Orang)

Menurut Pabisa, selain banjir bandang, pada saat itu terjadi juga angin badai yang mengakibatkan, instalasi kabel mengalami kerusakan cukup parah.

Pabisa menambahkan, pihaknya juga harus menambah tenaga instalator ekstra untuk memulihkan kondisi listrik di Manado. Sebab, ada 12 ribu pelanggan yang meterannya direndam air dan lumpur hingga tidak berfungsi lagi.

Setelah 19 hari melakukan normalisasi, dari 12 ribu meter pelanggan yang terendam, tinggal 2.500 meter yang harus diperbaiki. "Saya juga mau menyampaikan untuk pergantian meter yang rusak itu kami tidak pungut biaya sama sekali," kata Pabisa.

ISA ANSHAR JUSUF

Sumber: http://id.berita.yahoo.com/banjir-manado-pln-merugi-rp-37-miliar-020131066.html