BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Menaruh asa pada pengetahuan

Bertempat di Ruang Pertemuan BAPPEDA Provinsi Jambi, pertemuan koordinasi kegiatan Proyek Pengetahuan Hijau dilaksanakan tanggal 18 November 2015. Acara ini dihadiri para pemangku kepentingan yang berasal dari SKPD di Provinsi Jambi dan 4 Kabupaten lokasi proyek MCA Indonesia yaitu Kab. Tanjung Jabung Timur, Merangin, Kerinci dan Muaro Jambi.

Kepala BAPPEDA Provinsi Jambi, Ir. H. Ahmad Fauzi, MTP dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk membuat implementasi program berjalan dengan baik, diharapkan adanya perkenalan secara formal melalui pertemuan koordinasi dengan para penerima hibah dengan SKPD yang relevan baik itu di tingkap provinsi dan 4 Kabupaten lokasi Proyek Pengetahuan Hijau.

Dalam acara pertemuan koordinasi ini, MCA Indonesia dan 4 lembaga penerima hibah Proyek Pengetahuan Hijau yaitu konsorsium Petuah, LPEM UI, Green Konsorsium dan Yayasan BaKTI memaparkan tujuan mereka dalam kegiatan yang mendukung Proyek Kemakmuran Hijau di Provinsi Jambi dan 4 Kabupaten secara keseluruhan.

Format pertemuan dibuat dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD) yang dibagi dalam tiga kelompok. Kelompok pertama digawangi oleh konsorsium Petuah dan LPEM UI. Sedangkan kelompok kedua diisi oleh Konsorsium Hijau dan Yayasan BaKTI ada di kelompok ketiga untuk menjelaskan tugas dan tanggungjawabnya dalam pengelolaan pengetahuan hijau.

Setelah proses FGD dan diskusi diselesaikan oleh ketiga kelompok, lahirlah deklarasi kesepakatan dari masing-masing kelompok untuk dijadikan dasar kegiatan yang akan dilakukan di Provinsi Jambi dan 4 Kabupaten lokasi proyek MCA Indonesia.

Proses FGD dan diskusi terjadi cukup alot, dimana perwakilan SKPD sebagai peserta sebagian besar belum mengetahui kegiatan proyek pengelolaan pengetahuan hijau ini. Namun setelah mendengarkan pemaparan dari 4 lembaga penerima hibah, hampir semua peserta memberikan respon positif untuk mendukung proyek ini.

Diakhir pertemuan, keempat lembaga memberikan penjelasan terakhir mengenai kesepakatan yang sudah dihasilkan oleh masing-masing kelompok. Hasil kesepakatan ini juga mendapatkan sambutan yang baik dari semua peserta. Komitmen dan dukungan penuh diberikan oleh seluruh peserta agar setiap lembaga penerima hibah bisa melakukan seluruh kegiatan di lokasi proyek MCA Indonesia dengan maksimal.

Pada dasarnya semua peserta pertemuan koordinasi ini menaruh harapan yang besar terhadap pengelolaan pengetahuan hijau. Pemerintah daerah berharap asa ini bisa menjawab salah satu harapan Pemerintah Provinsi Jambi untuk dijadikan salah satu tolak ukur pembangunan di tingkat nasional dengan pengelolaan pengetahuan hijau yang berdampak pada peningkatan kapasitas aparat pemerintah dan masyarakat serta mampu menambah daya nilai pembangunan dengan pertanian yang berkelanjutan untuk menciptakan pengelolaan sumber daya alam yang berpihak pada lingkungan.