Jakarta, KOMPAS – Anggaran di daerah terus tersedot untuk gaji pegawai. Pemerintah daerah mulai merasa terbebani.
Di Padang, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Senin (15/8), mengeluhkan masih banyaknya dana APBD yang tersedot untuk membayar gaji pegawai negeri sipil (PNS). Pada sisi lain, kata Irwan, sebagian besar PNS yang ada ternyata tidak memiliki kemampuan untuk bekerja.
Ia mengatakan, saat ini tidak kurang 70 persen dari sekitar 8.000 PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumbar diketahui tidak memiliki kemampuan untuk bekerja. Dengan demikian, kata Irwan, sejumlah program yang ditargetkan menjadi mustahil dilaksanakan karena keterbatasan SDM.
Dari Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dilaporkan, setiap tahun, sekitar 70 persen dana APBD Kabupaten Magelang selalu tersedot untuk belanja tidak langsung, yang sebagian besar di antaranya untuk membiayai gaji pegawai. Hal ini mengakibatkan kegiatan pembangunan atau belanja langsung, yang hanya mendapat sisa 30 persen dari APBD, berjalan kurang optimal.
Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Magelang Habibatun Wafiroh mengatakan, alokasi dana yang minim ini, antara lain, terjadi pada alokasi dana untuk pemeliharaan dan perbaikan infrastruktur seperti jalan dan jembatan.
â€Alokasi dana yang tidak pernah sesuai dengan kebutuhan ini pada akhirnya membuat kegiatan pemeliharaan dan perbaikan jalan di Kabupaten Magelang selalu tidak pernah tuntas,†ujarnya. APBD Kabupaten Magelang sebesar Rp 1,06 triliun.
Di Sulawesi Selatan, salah satu pemicu lambannya pembangunan di wilayah itu disebabkan APBD yang tidak proporsional. APBD Sulsel tahun ini Rp 2,795 triliun, yang berasal dari pendapatan asli daerah (PAD) Rp 1,719 triliun dan dana alokasi umum (DAU) Rp 1,075 triliun. Sebanyak Rp 1,965 triliun di antaranya atau setara 70 persen dialokasikan untuk belanja tidak langsung.
Gaji untuk 7.160 PNS di lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel memakan biaya Rp 650 miliar. Hal ini belum termasuk gaji dan tunjangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel sebesar Rp 2,271 miliar selama setahun. Selain gaji pokok, kepala dan wakil kepala daerah menerima berbagai jenis tunjangan, seperti tunjangan keluarga, jabatan, beras, pajak, dan iuran asuransi kesehatan.
Proyek
Sejumlah daerah mengeluhkan proyek-proyek yang didanai anggaran tetapi tidak pernah tuntas.
Dari Pangkal Pinang, Bangka Belitung, proyek-proyek multitahun di Kepulauan Bangka Belitung dengan total anggaran Rp 800 miliar dilaporkan tidak kunjung selesai. Hingga empat tahun, tidak jelas kapan proyek itu akan selesai.
Anggota DPRD Kepulauan Bangka Belitung, Antonius Uston, mengatakan, proyek itu, antara lain, pembuatan jalan lingkar timur, Jembatan Batu Rusa II, rumah sakit umum daerah, dan GOR. Proyek itu sudah dimulai sejak tahun 2008.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kepulauan Babel Ansori mengatakan, jembatan masih menunggu rangka yang dipesan dari Inggris.(RAZ/RIZ/INK/EGI/ETA/CHE)
Indonesia should see glass half full studying hd reports UNDP
The United Nations Development Programme (UNDP) said on Friday that it was not all doom and gloom for Indonesia when it came to human development. UNDP assistant country director and head of poverty reduction Danya Delita Wibowo told The Jakarta Post on Friday that Indonesia’s human development index (HDI) was actually improving, though its ranking in the UNDP human development report had dropped from 108 last year to 124 this year, triggering criticism from the public of the government’s programs.
Indonesia’s HDI improved to 0.617 from 0.613 in 2010.
“Indonesia has been rapidly and consistently developing. In that sense, I think Indonesia is on the right track. And given the wide demography and high population of the country, Indonesia is actually doing quite well,†she added. Danya told the Post that in terms of ranking, the 2011 report was incomparable to that of the previous year as 18 new countries had been added in this year’s survey.
She said that several parties had failed to interpret indicators determining the education index such as average number of years of schooling and expected number of years of schooling in the right context.
“The definition of mean years of schooling is the average number of years of education received by people aged 25 and older converted from the education attainment level using the official duration of each level. So, it is wrong to approach this using the government’s recent policy on education because people of these age groups have been affected by many previous policies,†she said.
She added that to measure the quality of Indonesia’s mean years of schooling based on the allocation of last year’s state budget was wrong.
“Last year’s state budget should be utilized to measure the expected years of schooling, which is 13.2 years,†she said. The government has also been defensive following the release of the UNDP report, which ranks Indonesia beneath the five founding members of ASEAN, including Malaysia and Singapore. The Education and Culture Ministry claims that according to its own measurement, Indonesia’s education index is 0.680, which is higher than the UNDP figure ay 0.584.
Education and Culture Minister Mohammad Nuh told reporters on Tuesday that a different approach in determining Indonesia’s mean years of schooling had caused the different numbers provided by both institutions. “The UNDP calculated the mean years of schooling based on the average number of years of education undergone by people aged 25 years old and older while the ministry determined it based on the Central Statistic Agency’s [BPS] average number of years of education undergone by people younger than 15 years old,†he said. He added that the different base of receivers’ ages had resulted in a different average of school years: 5.8 years as used by the UNDP and 7.9 years by the Education and Culture Ministry.
According to Nuh, Indonesia’s large population also influenced the education index because Indonesia’s population of 240 million resulted in the high figure of Indonesians who had yet to pursue primary education. The ministry is targeting to improve the average number of years of education received by people aged 15 years and older by minimizing school dropouts and increasing the number of people pursuing higher education. “We will encourage elementary graduates to continue to junior high, and so on,†Nuh said, adding that the ministry would also improve the quality of and access to early childhood education, primary and higher education, as well as the quality of educational professionals.
The ministry recorded 1,082,000 dropouts in 2011, of which 465,000 were from elementary school, 228,000 from junior high and 389,000 from senior high. It also states that 3,045,000 school graduates — 445,000 from elementary school, 1 million from junior high school, and 1.6 million from senior high school — cannot afford to pursue higher levels of education. The government intends to decrease school dropouts to 374,000 people next year. It also aims to financially support half of the students who cannot afford to pursue higher education in order to reduce their numbers to a maximum of 1,477,000 in 2012.
In order to achieve its target, the ministry will provide more financial support for students. “We will subsidize all poor students across the country, increase our support for the Quality Management Operational Aid [BOMM] program for vocational schools by up to 20 percent, and boost the School Operational Aid [BOS] by up to 100 percent,†Nuh said. (msa)
RI may miss MDGs targets due to corruption, budget problems Elly Burhaini Faizal,
The Jakarta Post, Jakarta - Indonesia will likely fail to achieve the standards defined by the Millennium Development Goals (MDGs) by 2015 due to corruption, poor management and budget problems at the regional level, according to activists.
Wahyu Susilo, coordinator of the Civil Society Network for MDG Achievement, said here on Monday that the problems would hinder the nation’s efforts to advance human development, as they affected sectors important for poverty reduction, such as health and education.
“An increasing number of budget corruption cases in sectors related to poverty eradication — as shown by the central government’s and regional administrations’ budgeting processes — show the real picture of the country’s poor commitment to meeting its MDGs targets,†he said in a MDG progress report.
Many regional administrations have made slow progress in human development, allocating their budgets mainly for direct expenditures, mostly for infrastructure, as indicated in reports compiled by the network for eight areas: Central Java, East Nusa Tenggara, South Kalimantan, South Sulawesi, West Kalimantan, West Nusa Tenggara, West Sulawesi and West Sumatra.
The government has said that Indonesia needed to focus on only two issues: reducing the maternal mortality rate and on environmental issues.
However, according to a recent study published by the United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP) and the Asian Development Bank (ADB), Indonesia might achieve only three of 10 MDG targets: improved free and compulsory basic education; an increased number of qualified health workers, especially for childbirths; and a reduction in the number people living on US$1.25 or less per day.
Wahyu said the country had a poor track record in other areas, such as poverty alleviation, secondary education, reducing the infant and maternal mortality rates, as well as tackling malaria, which afflicts 1,645 of every 100,000 Indonesians.
Few improvements have been recorded on expanding people’s access to clean water and sanitation, Wahyu said.
“If we have no specific strategies to tackle this problem, we may miss our MDGs targets,†he added.
During the discussion, activists expressed concern about the poor awareness of the need for good governance while working to achieve the Millennium Development Goals.
In Kubu Raya regency, West Kalimantan, for example, the local administration allocated a large part of its budget for direct spending on infrastructure, instead of using it to provide residents increased access to education and healthcare.
“Few resources have been properly allocated to fight illiteracy among residents,†Gustiar, an activist from JARI West Borneo, said.
Gustiar said that 23,803 of Kubu Raya regency’s 517,120 residents, were illiterate. Most were women.
“It’s alarming,†he said.
However, the regency’s health agency has not allocated sufficient funds to recruit more professional medical workers to improve the quality of healthcare provided by community health centers (puskesmas).
Yanti Muchtar of Kapal Perempuan said budgeting in Indonesia was not woman-friendly, despite that most issues covered by the MDGs related to women, such as maternal and infant mortality, access to clean water and sanitation.
Indonesia has the world’s fifth largest population of illiterate people. About two-thirds of the nation’s illiterate are women. However, the government allocates less than 1 percent of its total budget to combat illiteracy.
JAKARTA,FAJAR -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan mendapatkan jatah yang terbesar kedua se Indonesia untuk perluasan areal cetak sawah hingga 2014 mendatang. Mulai 2012 hingga 2014, setiap tahunnya sawah baru yang akan dibuat di Sulawesi Selatan mencapai 7.350 hektare setiap tahunnya.
Itu artinya, dalam kurun waktu tiga tahun berturut-turut, luas sawah yang akan dicetak di Sulsel mencapai 22.050 hektare. Jatah tiap tahun yang diberikan Kementerian Pertanian itu mengalami kenaik dari 2011 yang hanya 2.700 hektare saja. Kenaikannya mencapai 4.650 hektare.
Anggaran untuk pencetakan sawah sendiri untuk per-hektare-nya untuk Indonesia bagian timur mencapai Rp9 juta. Itu lebih besar dari Indonesia bagian barat yang hanya Rp7 juta saja. Dan besaran anggaran yang akan mengucur ke Sulsel pada 2012 sebesar Rp66,15 miliar dan hingga 2014 mencapai Rp198,45 miliar.
Demikian disebutkan anggota Komisi IV DPR RI, Indira Chunda Thita, Selasa (22/11) kemarin di Gedung DPR RI. Menurutnya, Dinas Pertanian Sulawesi Selatan kali ini harus berkerja lebih aktif lagi. \"Ini harus disyukuri, sebab Kementan memberi perhatian yang lebih bagi Sulsel. Untuk itu, Kadis Pertanian Sulsel harus betul-betul merealisasikan jatah tersebut 100 persen,\" tegasnya.
Lanjut disebutkannya juga, kalau realisasi percetakan sawah Sulsel dari tahun ke tahun cukup kecil. Pada 2006, hanya 200 hektare saja, kemudian pada 2007 mencapai 600 hektare kemudian pada 2008 pencatakan sawah di Sulsel cukup besar yakni 2.039 hektare. Kemudian menurun lagi pada 2009 yang hanya 891 hektare dan penurunannya bahkan jauh kebawah lagi pada 2010 yang mencapai 317 hektare saja.
Untuk produksi padi sendiri, pada 2011 ini terjadi penurunan produksi di Pulau Jawa sebagai akibat menurunnya luas panen 165.972 hektare. Sementara untuk luar Jawa, produksi padi mengalami peningkatan disebabkan meningkatnya luas panen 136.901 hektare.
Provinsi yang produksi padinya menurun pada 2011 kali ini tidak termasuk Sulawesi Selatan untuk wilayah di Timur Indonesia. Provins-provinsi yang mengalami penurunan antara lain Sulawesi Barat dan Maluku di Indonesia bagian timur dan untuk wilayah Jawa yang mengalami penurunan adalah Banten, Jawa Barat, Jawa Timur dan DIY.
"Disaat produksi padi wilayah lain, Sulsel diberi kesempatan untuk terus meningkatkan produksi padinya. Ini merupakan berkah bagi petani dengan adanya pencetakan swah baru ini,\" ujar Thita. (sms)
Status enam Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di bawah naungan Pemerintah Privinsi Sulsel akan menjadi Badan Layanan Umum (BLU) per Januari 2012 nanti. Status ini terkait dengan kapasitas pengelolaan keuangan beserta administrasi RSUD bersangkutan.Pendampingan untuk memperoleh status ini diberikan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Perubahan status ini diharapkan akan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
Pemerintah Provinsi Sulsel bertekad membesar dana pendidikan gratis. Dana pendidikan gratis yang disediakan Pemprov Sulsel di APBD pokok 2012 sebesar Rp253 miliar atau naik sekitar Rp50 miliar dari APBD pokok 2011, sebesar Rp191 miliar. Kebijakan yang mengikuti penambahan dana itu adalah memperluas cakupan penerima manfaat, hingga ke Sekolah Lanjutan Atas, dengan mengecualikan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).
Selain itu Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sulsel Andi Patabai Pabokori juga mengungkapkan program pendidikan gratis telah dinikmati 1,4 juta penduduk Sulsel dan berhasil menekan Angka Melek Huruf (AMH), Angka Putus Sekolah dan meningkatkan Indek Prestasi Manusia Sulsel.
Dalam pro kontra rencana pemerintah untuk menaikkan BBM, pengalihan anggaran subsidi BBM untuk sektor publik perlu menjadi pertimbangan. Ada hal yang manfaatnya baru akan terlihat kemudian, seperti yang menjadi tajuk utama Kompas (12/3/2012) " Alihkan Anggaran Bagi Infrastruktur Transportasi Massal".
Dana subsidi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2012 untuk bahan bakar minyak mencapai Rp 123,723 triliun. Dana itu cukup untuk membangun sebuah Jembatan Selat Sunda yang membutuhkan biaya Rp 117 triliun. Kini, saatnya subsidi BBM ditekan dan dananya dialihkan untuk membangun infrastruktur. Pengalihan anggaran untuk infrastruktur tak bisa ditawar lagi. Pembangunan proyek infrastruktur yang padat karya akan bisa mengurangi dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada masyarakat menengah bawah.
Lalu apa yang perlu dilakukan pemerintah dalam jangka panjang untuk mengimbangi meningkatnya konsumsi seiring pertumbuhan ekonomi yang semakin positif?
Pengeluaran untuk kesehatan di Indonesia terbilang rendah. Padahal, masalah kesehatan kompleks dan disparitasnya tinggi.
Perwakilan Unicef untuk Indonesia, Angela Kearney, menyatakan prihatin atas minimnya anggaran dan pengeluaran untuk pelayanan dan promosi kesehatan. Kearney menambahkan, keterbatasan anggaran membuat sektor- sektor swasta perlu dilibatkan dan disinergikan, terutama untuk membangun kesehatan masyarakat di sekitar mereka.
Sekitar 54,9 persen rumah tangga di Indonesia belum memiliki utang di lembaga keuangan. Meski demikian, dari 45,1 persen rumah tangga yang memiliki akses pinjaman pada lembaga keuangan, hanya 19,58 persen yang memiliki akses pinjaman pada perbankan.
Masyarakat berpenghasilan sedang dan tinggi lebih banyak meminjam ke bank. Masyarakat berpenghasilan rendah meminjam ke nonlembaga keuangan.
General Manager Litbang Kompas, Harianto Santoso, mengatakan kelas menengah di Indonesia belum kuat. Ekonom senior Bank Dunia, Vivi Alatas, menambahkan bahwa kelas menengah di Indonesia akan terjamin hanya jika Indonesia dapat menarik investasi untuk menciptakan lapangan kerja.
Dana Terus Tersedot untuk Belanja Pegawai
Jakarta, KOMPAS – Anggaran di daerah terus tersedot untuk gaji pegawai. Pemerintah daerah mulai merasa terbebani.
Di Padang, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Senin (15/8), mengeluhkan masih banyaknya dana APBD yang tersedot untuk membayar gaji pegawai negeri sipil (PNS). Pada sisi lain, kata Irwan, sebagian besar PNS yang ada ternyata tidak memiliki kemampuan untuk bekerja.
Ia mengatakan, saat ini tidak kurang 70 persen dari sekitar 8.000 PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumbar diketahui tidak memiliki kemampuan untuk bekerja. Dengan demikian, kata Irwan, sejumlah program yang ditargetkan menjadi mustahil dilaksanakan karena keterbatasan SDM.
Dari Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dilaporkan, setiap tahun, sekitar 70 persen dana APBD Kabupaten Magelang selalu tersedot untuk belanja tidak langsung, yang sebagian besar di antaranya untuk membiayai gaji pegawai. Hal ini mengakibatkan kegiatan pembangunan atau belanja langsung, yang hanya mendapat sisa 30 persen dari APBD, berjalan kurang optimal.
Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Magelang Habibatun Wafiroh mengatakan, alokasi dana yang minim ini, antara lain, terjadi pada alokasi dana untuk pemeliharaan dan perbaikan infrastruktur seperti jalan dan jembatan.
â€Alokasi dana yang tidak pernah sesuai dengan kebutuhan ini pada akhirnya membuat kegiatan pemeliharaan dan perbaikan jalan di Kabupaten Magelang selalu tidak pernah tuntas,†ujarnya. APBD Kabupaten Magelang sebesar Rp 1,06 triliun.
Di Sulawesi Selatan, salah satu pemicu lambannya pembangunan di wilayah itu disebabkan APBD yang tidak proporsional. APBD Sulsel tahun ini Rp 2,795 triliun, yang berasal dari pendapatan asli daerah (PAD) Rp 1,719 triliun dan dana alokasi umum (DAU) Rp 1,075 triliun. Sebanyak Rp 1,965 triliun di antaranya atau setara 70 persen dialokasikan untuk belanja tidak langsung.
Gaji untuk 7.160 PNS di lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel memakan biaya Rp 650 miliar. Hal ini belum termasuk gaji dan tunjangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel sebesar Rp 2,271 miliar selama setahun. Selain gaji pokok, kepala dan wakil kepala daerah menerima berbagai jenis tunjangan, seperti tunjangan keluarga, jabatan, beras, pajak, dan iuran asuransi kesehatan.
Proyek
Sejumlah daerah mengeluhkan proyek-proyek yang didanai anggaran tetapi tidak pernah tuntas.
Dari Pangkal Pinang, Bangka Belitung, proyek-proyek multitahun di Kepulauan Bangka Belitung dengan total anggaran Rp 800 miliar dilaporkan tidak kunjung selesai. Hingga empat tahun, tidak jelas kapan proyek itu akan selesai.
Anggota DPRD Kepulauan Bangka Belitung, Antonius Uston, mengatakan, proyek itu, antara lain, pembuatan jalan lingkar timur, Jembatan Batu Rusa II, rumah sakit umum daerah, dan GOR. Proyek itu sudah dimulai sejak tahun 2008.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kepulauan Babel Ansori mengatakan, jembatan masih menunggu rangka yang dipesan dari Inggris.(RAZ/RIZ/INK/EGI/ETA/CHE)
sumber: http://cetak.kompas.com/read/2011/08/16/03015864/dana.terus.tersedot.untuk.belanja.pegawai
Indonesia should see glass half full studying hd reports UNDP
The United Nations Development Programme (UNDP) said on Friday that it was not all doom and gloom for Indonesia when it came to human development.
UNDP assistant country director and head of poverty reduction Danya Delita Wibowo told The Jakarta Post on Friday that Indonesia’s human development index (HDI) was actually improving, though its ranking in the UNDP human development report had dropped from 108 last year to 124 this year, triggering criticism from the public of the government’s programs.
Indonesia’s HDI improved to 0.617 from 0.613 in 2010.
“Indonesia has been rapidly and consistently developing. In that sense, I think Indonesia is on the right track. And given the wide demography and high population of the country, Indonesia is actually doing quite well,†she added.
Danya told the Post that in terms of ranking, the 2011 report was incomparable to that of the previous year as 18 new countries had been added in this year’s survey.
She said that several parties had failed to interpret indicators determining the education index such as average number of years of schooling and expected number of years of schooling in the right context.
“The definition of mean years of schooling is the average number of years of education received by people aged 25 and older converted from the education attainment level using the official duration of each level. So, it is wrong to approach this using the government’s recent policy on education because people of these age groups have been affected by many previous policies,†she said.
She added that to measure the quality of Indonesia’s mean years of schooling based on the allocation of last year’s state budget was wrong.
“Last year’s state budget should be utilized to measure the expected years of schooling, which is 13.2 years,†she said.
The government has also been defensive following the release of the UNDP report, which ranks Indonesia beneath the five founding members of ASEAN, including Malaysia and Singapore.
The Education and Culture Ministry claims that according to its own measurement, Indonesia’s education index is 0.680, which is higher than the UNDP figure ay 0.584.
Education and Culture Minister Mohammad Nuh told reporters on Tuesday that a different approach in determining Indonesia’s mean years of schooling had caused the different numbers provided by both institutions.
“The UNDP calculated the mean years of schooling based on the average number of years of education undergone by people aged 25 years old and older while the ministry determined it based on the Central Statistic Agency’s [BPS] average number of years of education undergone by people younger than 15 years old,†he said.
He added that the different base of receivers’ ages had resulted in a different average of school years: 5.8 years as used by the UNDP and 7.9 years by the Education and Culture Ministry.
According to Nuh, Indonesia’s large population also influenced the education index because Indonesia’s population of 240 million resulted in the high figure of Indonesians who had yet to pursue primary education.
The ministry is targeting to improve the average number of years of education received by people aged 15 years and older by minimizing school dropouts and increasing the number of people pursuing higher education.
“We will encourage elementary graduates to continue to junior high, and so on,†Nuh said, adding that the ministry would also improve the quality of and access to early childhood education, primary and higher education, as well as the quality of educational professionals.
The ministry recorded 1,082,000 dropouts in 2011, of which 465,000 were from elementary school, 228,000 from junior high and 389,000 from senior high.
It also states that 3,045,000 school graduates — 445,000 from elementary school, 1 million from junior high school, and 1.6 million from senior high school — cannot afford to pursue higher levels of education.
The government intends to decrease school dropouts to 374,000 people next year. It also aims to financially support half of the students who cannot afford to pursue higher education in order to reduce their numbers to a maximum of 1,477,000 in 2012.
In order to achieve its target, the ministry will provide more financial support for students. “We will subsidize all poor students across the country, increase our support for the Quality Management Operational Aid [BOMM] program for vocational schools by up to 20 percent, and boost the School Operational Aid [BOS] by up to 100 percent,†Nuh said. (msa)
source: http://www.thejakartapost.com/news/2011/11/12/indonesia-should-see-glass-half-full-studying-hd-reports-undp.html
RI may miss MDGs targets due to corruption, budget problems
Elly Burhaini Faizal,
The Jakarta Post, Jakarta - Indonesia will likely fail to achieve the standards defined by the Millennium Development Goals (MDGs) by 2015 due to corruption, poor management and budget problems at the regional level, according to activists.
Wahyu Susilo, coordinator of the Civil Society Network for MDG Achievement, said here on Monday that the problems would hinder the nation’s efforts to advance human development, as they affected sectors important for poverty reduction, such as health and education.
“An increasing number of budget corruption cases in sectors related to poverty eradication — as shown by the central government’s and regional administrations’ budgeting processes — show the real picture of the country’s poor commitment to meeting its MDGs targets,†he said in a MDG progress report.
Many regional administrations have made slow progress in human development, allocating their budgets mainly for direct expenditures, mostly for infrastructure, as indicated in reports compiled by the network for eight areas: Central Java, East Nusa Tenggara, South Kalimantan, South Sulawesi, West Kalimantan, West Nusa Tenggara, West Sulawesi and West Sumatra.
The government has said that Indonesia needed to focus on only two issues: reducing the maternal mortality rate and on environmental issues.
However, according to a recent study published by the United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP) and the Asian Development Bank (ADB), Indonesia might achieve only three of 10 MDG targets: improved free and compulsory basic education; an increased number of qualified health workers, especially for childbirths; and a reduction in the number people living on US$1.25 or less per day.
Wahyu said the country had a poor track record in other areas, such as poverty alleviation, secondary education, reducing the infant and maternal mortality rates, as well as tackling malaria, which afflicts 1,645 of every 100,000 Indonesians.
Few improvements have been recorded on expanding people’s access to clean water and sanitation, Wahyu said.
“If we have no specific strategies to tackle this problem, we may miss our MDGs targets,†he added.
During the discussion, activists expressed concern about the poor awareness of the need for good governance while working to achieve the Millennium Development Goals.
In Kubu Raya regency, West Kalimantan, for example, the local administration allocated a large part of its budget for direct spending on infrastructure, instead of using it to provide residents increased access to education and healthcare.
“Few resources have been properly allocated to fight illiteracy among residents,†Gustiar, an activist from JARI West Borneo, said.
Gustiar said that 23,803 of Kubu Raya regency’s 517,120 residents, were illiterate. Most were women.
“It’s alarming,†he said.
However, the regency’s health agency has not allocated sufficient funds to recruit more professional medical workers to improve the quality of healthcare provided by community health centers (puskesmas).
Yanti Muchtar of Kapal Perempuan said budgeting in Indonesia was not woman-friendly, despite that most issues covered by the MDGs related to women, such as maternal and infant mortality, access to clean water and sanitation.
Indonesia has the world’s fifth largest population of illiterate people. About two-thirds of the nation’s illiterate are women. However, the government allocates less than 1 percent of its total budget to combat illiteracy.
source: http://www.thejakartapost.com/news/2011/09/20/ri-may-miss-mdgs-targets-due-corruption-budget-problems.html
Sulsel Kebagian 22.050 Hektare Sawah Baru
JAKARTA,FAJAR -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan mendapatkan jatah yang terbesar kedua se Indonesia untuk perluasan areal cetak sawah hingga 2014 mendatang. Mulai 2012 hingga 2014, setiap tahunnya sawah baru yang akan dibuat di Sulawesi Selatan mencapai 7.350 hektare setiap tahunnya.
Itu artinya, dalam kurun waktu tiga tahun berturut-turut, luas sawah yang akan dicetak di Sulsel mencapai 22.050 hektare. Jatah tiap tahun yang diberikan Kementerian Pertanian itu mengalami kenaik dari 2011 yang hanya 2.700 hektare saja. Kenaikannya mencapai 4.650 hektare.
Anggaran untuk pencetakan sawah sendiri untuk per-hektare-nya untuk Indonesia bagian timur mencapai Rp9 juta. Itu lebih besar dari Indonesia bagian barat yang hanya Rp7 juta saja. Dan besaran anggaran yang akan mengucur ke Sulsel pada 2012 sebesar Rp66,15 miliar dan hingga 2014 mencapai Rp198,45 miliar.
Demikian disebutkan anggota Komisi IV DPR RI, Indira Chunda Thita, Selasa (22/11) kemarin di Gedung DPR RI. Menurutnya, Dinas Pertanian Sulawesi Selatan kali ini harus berkerja lebih aktif lagi. \"Ini harus disyukuri, sebab Kementan memberi perhatian yang lebih bagi Sulsel. Untuk itu, Kadis Pertanian Sulsel harus betul-betul merealisasikan jatah tersebut 100 persen,\" tegasnya.
Lanjut disebutkannya juga, kalau realisasi percetakan sawah Sulsel dari tahun ke tahun cukup kecil. Pada 2006, hanya 200 hektare saja, kemudian pada 2007 mencapai 600 hektare kemudian pada 2008 pencatakan sawah di Sulsel cukup besar yakni 2.039 hektare. Kemudian menurun lagi pada 2009 yang hanya 891 hektare dan penurunannya bahkan jauh kebawah lagi pada 2010 yang mencapai 317 hektare saja.
Untuk produksi padi sendiri, pada 2011 ini terjadi penurunan produksi di Pulau Jawa sebagai akibat menurunnya luas panen 165.972 hektare. Sementara untuk luar Jawa, produksi padi mengalami peningkatan disebabkan meningkatnya luas panen 136.901 hektare.
Provinsi yang produksi padinya menurun pada 2011 kali ini tidak termasuk Sulawesi Selatan untuk wilayah di Timur Indonesia. Provins-provinsi yang mengalami penurunan antara lain Sulawesi Barat dan Maluku di Indonesia bagian timur dan untuk wilayah Jawa yang mengalami penurunan adalah Banten, Jawa Barat, Jawa Timur dan DIY.
"Disaat produksi padi wilayah lain, Sulsel diberi kesempatan untuk terus meningkatkan produksi padinya. Ini merupakan berkah bagi petani dengan adanya pencetakan swah baru ini,\" ujar Thita. (sms)
sumber: http://www.batukar.info/news/sulsel-kebagian-22050-hektare-sawah-baru
Status enam Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di bawah naungan Pemerintah Privinsi Sulsel akan menjadi Badan Layanan Umum (BLU) per Januari 2012 nanti. Status ini terkait dengan kapasitas pengelolaan keuangan beserta administrasi RSUD bersangkutan.Pendampingan untuk memperoleh status ini diberikan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Perubahan status ini diharapkan akan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
bacaan selengkapnya: http://www.batukar.info/news/enam-rumah-sakit-jadi-blu
Pemerintah Provinsi Sulsel bertekad membesar dana pendidikan gratis. Dana pendidikan gratis yang disediakan Pemprov Sulsel di APBD pokok 2012 sebesar Rp253 miliar atau naik sekitar Rp50 miliar dari APBD pokok 2011, sebesar Rp191 miliar. Kebijakan yang mengikuti penambahan dana itu adalah memperluas cakupan penerima manfaat, hingga ke Sekolah Lanjutan Atas, dengan mengecualikan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).
Selain itu Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sulsel Andi Patabai Pabokori juga mengungkapkan program pendidikan gratis telah dinikmati 1,4 juta penduduk Sulsel dan berhasil menekan Angka Melek Huruf (AMH), Angka Putus Sekolah dan meningkatkan Indek Prestasi Manusia Sulsel.
Bacaan selengkapnya: http://batukar.info/news/2012-pendidikan-gratis-sampai-sma
Dalam pro kontra rencana pemerintah untuk menaikkan BBM, pengalihan anggaran subsidi BBM untuk sektor publik perlu menjadi pertimbangan. Ada hal yang manfaatnya baru akan terlihat kemudian, seperti yang menjadi tajuk utama Kompas (12/3/2012) " Alihkan Anggaran Bagi Infrastruktur Transportasi Massal".
Dana subsidi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2012 untuk bahan bakar minyak mencapai Rp 123,723 triliun. Dana itu cukup untuk membangun sebuah Jembatan Selat Sunda yang membutuhkan biaya Rp 117 triliun. Kini, saatnya subsidi BBM ditekan dan dananya dialihkan untuk membangun infrastruktur. Pengalihan anggaran untuk infrastruktur tak bisa ditawar lagi. Pembangunan proyek infrastruktur yang padat karya akan bisa mengurangi dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada masyarakat menengah bawah.
Lalu apa yang perlu dilakukan pemerintah dalam jangka panjang untuk mengimbangi meningkatnya konsumsi seiring pertumbuhan ekonomi yang semakin positif?
Alihkan Anggaran Bagi Infrastruktur Transportasi Massal Perlu Mendapat Prioritas
berita terkait: Infrastruktur Memprihatinkan Perbankan Nasional Siap Memberikan Kredit, Butuh Kepemimpinan Bangun Infrastruktur
Anggaran Indonesia Rendah
Pengeluaran untuk kesehatan di Indonesia terbilang rendah. Padahal, masalah kesehatan kompleks dan disparitasnya tinggi.
Perwakilan Unicef untuk Indonesia, Angela Kearney, menyatakan prihatin atas minimnya anggaran dan pengeluaran untuk pelayanan dan promosi kesehatan. Kearney menambahkan, keterbatasan anggaran membuat sektor- sektor swasta perlu dilibatkan dan disinergikan, terutama untuk membangun kesehatan masyarakat di sekitar mereka.
Selengkapnya dapat dibaca di http://batukar.info/news/anggaran-indonesia-rendah
Sumber: http://cetak.kompas.com/read/2012/07/20/03331846/anggaran.indonesia.rendah
Hanya 19 Persen Rumah Tangga Berakses ke Bank
Sekitar 54,9 persen rumah tangga di Indonesia belum memiliki utang di lembaga keuangan. Meski demikian, dari 45,1 persen rumah tangga yang memiliki akses pinjaman pada lembaga keuangan, hanya 19,58 persen yang memiliki akses pinjaman pada perbankan.
Masyarakat berpenghasilan sedang dan tinggi lebih banyak meminjam ke bank. Masyarakat berpenghasilan rendah meminjam ke nonlembaga keuangan.
General Manager Litbang Kompas, Harianto Santoso, mengatakan kelas menengah di Indonesia belum kuat. Ekonom senior Bank Dunia, Vivi Alatas, menambahkan bahwa kelas menengah di Indonesia akan terjamin hanya jika Indonesia dapat menarik investasi untuk menciptakan lapangan kerja.
Selengkapnya dapat dilihat di http://batukar.info/news/hanya-19-persen-rumah-tangga-berakses-ke-bank
Sumber: http://cetak.kompas.com/read/2012/07/20/02503045/hanya.19.persen.rumah.tangga.berakses.ke.bank