BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Mengubah Kebijakan Publik di Desa

Mengubah Kebijakan Publik di Desa

Penulis :
Lusia Palulungan
M. Ghufran H. Kordi K.
Muhammad Taufan Ramli
Yudha Yunus
Ibrahim Fattah

Desain Sampul dan Tata Letak :
Frans Gosali

Foto : Dokumentasi Yayasan BaKTI

Penerbit:
Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI)

Summary: 

Fokus utama fase kedua (2017-2020) Program MAMPU adalah Meningkatkan Akses kepada Layanan dan Program Dasar Pemerintah untuk Perempuan Miskin di Wilayah Program. Layanan dasar adalah bagian dari pelayanan publik yang dihasilkan dari kebijakan publik.

Program MAMPU-Yayasan BaKTI mengembangkan Kelompok Konstituen di tingkat desa/kelurahan, sebagai organisasi masyarakat kritis dan berdaya di tingkat komunitas, untuk melakukan advokasi, termasuk untuk memengaruhi pembentukan kebijakan, perencanaan, dan penganggaran di desa.

Pengalaman Kelompok Konstituen dan mitra Yayasan BaKTI dalam Program MAMPU di Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Belu, dan Kota Ambon, dalam melakukan advokasi yang fokus pada pembentukan Peraturan Desa (Perdes), perencanaan, penganggaran dituangkan dalam buku ini.

Buku ini merupakan kontribusi dari mitra di empat wilayah tersebut yang mempunyai cakupan wilayah program di desa, yaitu Yayasan Kombongan Situru (YKS) di Tana Toraja, Panitia Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Atambua (PPSE KA) di Belu, Yayasan Arika Mahina (YAM) di Ambon, dan Kantor Sub office MAMPU-BaKTI NTB di Lombok Timur. Nama-nama kontributor dicantumkan di halaman terakhir buku ini. Karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua kontributor dan semua pihak yang mendukung hingga buku ini diterbitkan.

Rating: 
No votes yet