BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Pelatihan TOPs, Anak, dalam Program Olahraga untuk Pembangunan

BaKTI-UNICEF  Bersama Pemerintah Kabupaten Bone Mengadakan Pelatihan TOPs ,  Program Olah Raga untuk  Pembangunan.  

Makassar, 23- 25 April 2015

 Latihan fisik, olahraga  dan rekreasi memberi kesempatan yang sangat penting bagi anak untuk mengembangkan  kemampuan dan  keterampilan fisik, sosial dan kognitif. Salah satu cara  untuk membantu anak memperoleh kesempatan  berolahraga  dan bermain adalah dengan memberikan  pendidikan  jasmani yang berkualiats. Untuk itu, BaKTI-Unicef bersama Pemerintah Kabupaten Bone  menyelenggarakan Pelatihan TOPs. 

 Pelatihan TOPs menyediakan sumber daya dan materi pengajaran/pelatihan yang bermutu guna mendukung guru-guru di sekolah, pelatih dan penyedia layanan olahraga dalam masyarakat yang diselenggarakan diluar sekolah untuk memberikan pengalaman olahraga dan Pendidikan Jasmani yang inklusif dan berkualitas bagi semua anak dan remaja, dengan menggunakan modul Pelatihan TOPs yang telah disusun oleh Unicef.  Pelatihan ini  memberikan pelatihan teknis dengan pendekatan prinsip dan metode TOP dan cara membuat pendidikan  jasmani menjadi  informative, inklusif dan partisipatif, menarik dan menyenangkan. Pelatihan tops  memperkenalkan pada para praktisi  satu seri  permainan dan aktivitas olahraga  melalui katru TOP dan menyajikan demonstrasi praktis. Pelatihan ini juga menunjukkan bagaimana  mengadaptasi aktivitas  ke dalam  rencana pembelajaran dan kurikulum. Memberikan ide-ide praktis  dalam mengatasi masalah untuk mengakses peralatan  dan tempat, termasuk membuat peralatan  olah raga sendiri, mengajarkan keamanan dan pesan penting  kesehatan dan kebugaran.

 Tujuan dari program TOPs adalah: Pengenalan terhadap tata kelola sumber daya dan materi pengajaran/pelatihan yang berkualitas untuk meningkatkan rasa percaya diri dan meningkatkan standar dalam penyelengaraan pendidikan jasmani dan olahraga di sekolah, serta kegiatan keolahragaan di lingkungan  masyarakat. Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman tentang aspek-aspek utama perencanaan yang efektif, inklusif dan melibatkan semua murid, dan standar kesehatan dan keselamatan dalam penyampaian Penjas dan olahraga yang baik bagi anak dan remaja.

 Pelatihan TOPs dilaksanakan selama tiga 3 (tiga) hari yakni pada tanggal 23-25 April 2015. Kegiatan ini dilatih oleh 3 orang Master Trainer dari Kabupaten Bone (A. Kasifah, S. Pd., Nur Akbar Natsir, S.Pd., Tamzil, S.Pd.) dan satu orang master trainer internasional dari Malaysia (Mr. Bilong Ngerong). Pelatihan ini diikuti oleh 24 orang, laki-laki 19 orang dan perempuan 5 orang.  Mereka berasal dari Kabupaten Mamuju, Polman, Takalar, Gowa dan Kota Makassar, perwakilan dari SKPD Bappeda, Dinas Pendidikan dan Olahraga serta guru penjas. Turut hadir Koordinator Unicef Makassar (dr. Willy Kumurur) dan Tim BaKTI ( Leonardy Sambo, Zusana Gosal, Arafah dan Nirwana Anar).

 Poin-poin  materi yang disampaikan dalam pelatihan Tops adalah sebagai berikut:

  • Dasar-dasar gerakan: Keseimbangan dan Bergerak; focus pada mengolah pusat  yang bergeser ketika bergerak, perluas  landasan dalam  arah gerakan. Mengubah keseimbangan, menggalang kekuatan; fokus pada menghadapi pergeseran pusat ketika menggalang kekuatan, menghadapi pergeseran pusat ketika  menetralkan kekuatan. Mengubah keseimbangan, menggalang kekuatan; fokus pada  menghadapi pergeseran pusat ketika menggalang kekuatan, menghadapi pergeseran pusat  ketika menetralkan kekuatan. Mengubah keseimbangan  menggerakan anggota tubuh; fokus pada  menghadapi  pergeseran pusat keseimbangan ketika  anggota badan  bergerak, imbang balik  menggunakan  anggota badan untuk menjaga  pusat di dalam landasan dukungan.
  • Memperkenalkan jenis-jenis permainan: permainan sasaran, permainan jarring da dinding, permainan memukul dan menangkap bola serta permainan serangan.
  • Menggunakan berbagai kartu TOPs  sebagai  sumber ide dan panduan dalam  mengajarkan/melatih keterampilan tertentu  dalam hal olahraga.

 Penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL).

Empat Kabupaten yang hadir sebagai peserta menyusun RTL sebagai rangkaian agenda pelatihan Tops. Tindak lanjut dari pelatihan ini, Unicef-BaKTI, akan mendukung 2 kabupaten sebagai lokasi target pelaksanaan training Master Tops.

 

 

 Ditulis oleh: Arafah (Program Officer UNICEF-BaKTI)

Related-Area: