BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Wisman ke Makassar meningkat 20,07 persen

Makassar (Antaranews Sulsel) - Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan mencatat jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sulawesi Selatan melalui pintu Makassar meningkat sekitar 20,07 persen pada Desember 2018.

Kepala BPS Sulawesi Selatan Yos Rusdiansyah di Makassar, Jumat, mengatakan jumlah wisman yang masuk melalui pintu Bandara Makassar tercatat sebanyak 1.406 wisatawan atau lebih tinggi dari bulan sebelumnya yakni 1.171 orang.

"Untuk periode Desember jumlah turis yang ke Sulsel melalui pintu Makassar itu sebanyak 1.406 orang dan angka ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai angka 1.171 kunjungan," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan Yos Rusdiansyah di Makassar, Jumat.

Ia kenaikan jumlah kunjungan wisawatan mancanegara itu dipengaruhi beberapa faktor dan umumnya para turis yang akan melancong ke suatu negara selalu memperhatikan waktu atau musimnya.

"Kalau turis-turis asing itu selalu memperhatikan musim kalau ingin berwisata ke luar negeri, jadi mereka memang mempersiapkan jauh-jauh hari. Salah satu yang dipersiapkan itu berlibur di akhir tahun," katanya.

Berdasarkan data dari BPS, terdapat sepuluh negara yang menyumbang pelancong terbesar selama Desember 2018 dan pelancong dari Malaysia, Prancis, Singapura, Jerman, Belanda, Amerika Serikat, Inggris, India, Jepang dan Tiongkok.

"Turis yang banyak berkunjung dari benua Asia, khususnya Asia Tenggara. Kemudian menyusul dari benua Eropa dan Amerika," katanya.

Selain pada tingkat kunjungan, tingkat penghunian kamar (TPK) hotel dengan klasifikasi bintang pada Desember ini mengalami penurunan 3,87 persen dibandingkan TPK pada November 2018 yakni dari 56,55 persen menjadi 52,68 persen pada Desember 2018.

Rata-rata lama menginap tamu asing dan domestik pada hotel klasifikasi bintang di Sulawesi Selatan selama Desember 2018 masing-masing adalah 2,17 hari dan 1,59 hari.
Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

 

Sumber: https://makassar.antaranews.com/berita/110442/wisman-ke-makassar-meningkat-2007-persen

Related-Area: 
Tag Referensi: