BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

REQUEST FOR APPLICATIONS – PERMINTAAN APLIKASI

Skema Hibah Pengetahuan Lokal

Knowledge Sector Initiative (KSI) merupakan komitmen bersama pemerintah Indonesia dan Australia yang bertujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan rakyat Indonesia melalui penerapan kebijakan publik yang lebih berkualitas serta menggunakan penelitian, analisis, dan bukti secara lebih baik. Informasi lebih lanjut mengenai KSI dapat dilihat di www.ksi-indonesia.org.

Skema hibah Pengetahuan Lokal adalah skema hibah yang dirancang untuk menggali dan mempromosikan pengetahuan lokal ke jalur kebijakan. KSI akan mendukung hingga sepuluh (10) inisiatif yang menggunakan pengetahuan lokal atau praktik diskursif lokal sebagai sumber informasi dalam proses perdebatan publik atau pembuatan kebijakan dalam masyarakat atau pemerintahan.

Tujuan dari skema hibah pengetahuan lokal ini adalah untuk:

  1. mengidentifikasi dan mendorong keterkaitan antara pengetahuan lokal dan kebijakan sosial; dan
  2. mendukung "penggerak yang tidak terduga" dalam pengetahuan tentang siklus kebijakan.

Dalam skema hibah ini KSI mendefinisikan "pengetahuan lokal" sebagai pengetahuan yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun dalam suatu masyarakat atau organisasi yang diperoleh melalui pengalaman langsung. Bidang-bidang pengetahuan lokal antara lain: pengelolaan sumber daya alam, pertanian dan peternakan, pengasuhan anak, pendidikan remaja, nutrisi, perawatan kesehatan, pengobatan tradisional, perawatan orang sakit atau manula, pengurangan risiko bencana dan tanggap bencana, adaptasi perubahan iklim, dan skema mikrokredit dan asuransi masyarakat. Terbuka untuk bidang lain.

Pemohon bisa berupa entitas tunggal, atau dapat juga berupa konsorsium berbentuk lembaga swadaya masyarakat Indonesia, atau organisasi komunitas yang bergerak di dalam pembangunan dan memanfaatkan pengetahuan lokal, atau lembaga riset kebijakan, atau pusat penelitian universitas yang mengintegrasikan pengetahuan lokal ke dalam aktivitas yang diajukan.

Sedikitnya lima puluh persen (50%) persen hibah akan dialokasikan bagi pemohon dari luar pulau Jawa.

Kriteria Kelayakan Pemohon dan Kerangka Acuan Kegiatan, serta Formulir Aplikasi dan Anggaran dapat diakses pada tautan yang akan diiklankan pada hari Sabtu 13 Desember 2014 melalui situs resmi KSI www.ksi-indonesia.org serta di beberapa Koran nasional, regional, dan lokal di banyak wilayah di Indonesia, termasuk:

1. Kompas;

2. Jawa Pos;

3. Analisa di Sumatera Utara;

4. Sumatera Ekspres di Sumatera Selatan;

5. Bali Pos di Bali;

6. Cendrawasih Pos di Papua;

7. Lombok Post di Lombok;

8. Ambon Ekspres di Ambon;

9. Fajar di Makassar;

10. Manado Post di Manado;

11. Pontianak Post di Kalimantan Barat;

12. Kaltim Post di Kalimantan Timur; dan

13. Serambi Indonesia di Aceh.

 

TANGGAL PENUTUPAN APLIKASI: 31 JANUARI 2015

KSI adalah sebuah konsorsium yang dipimpin oleh RTI International dalam suatu kemitraan dengan Australian National University (ANU), Nossal Institute for Global Health, dan Overseas Development Institute (ODI).