BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Perikanan, Komoditi Ekspor Menjanjikan

 Perikanan, Komoditi Ekspor Menjanjikan

    Rabu, Apr 23 2014
    Ditulis oleh  amex

AMBON,AE.—Peluang masyarakat untuk melakukan usaha dibidang perikanan di kawasan Seram Utara terbuka lebar lantaran potensi perikanan di kawasan ini sangat menjanjikan  untuk diekspor.

“Terbukanya peluang usaha dibidang perikanan bila dikelola dengan baik dapat mensejahterakan masyarakat Seram Utara,” ujar Camat Wahai, M Ali Idrus, belum lama ini
Dikatakan, sektor perikanan paling mendesak untuk dikembangkan guna menarik investor menanamkan modalnya di wilayah ini.

Ia mengharapkan pula supaya ikan hasil tangkapan nelayan tidak lagi dibawa ke luar tetapi ada pengusaha yang datang  langsung ke Seram Utara.

"Banyak pengusaha di sini yang mau menampung ikan hasil laut. Cuma tidak mendukung seperti listrik dan cold storage,"sebut dia. Dengan demikian, diharapkan ada perhatian dari pemerintah Kabupaten Maluku Tengah untuk membangun fasilitas yang ada.

Menurutnya, Seram Utara tidak bisa dipandang sebelah mata karena berada di wilayah yang memiliki potensi perikanan serta wisata bahari.

"Potensi sumberdaya alam di Seram Utara cukup melimpah. Ditambah dengan penduduknya yang cukup banyak merupakan paduan yang jika dikelola dengan baik dapat menghadirkan kemakmuran masyarakat,”terang dia.

Namun, membutuhkan kerja sama semua pihak yang dipadukan dengan pemanfaatan teknologi tepat guna yang ramah lingkungan serta kemudahan akses permodalan dan fasilitasi usaha perikanan dan kelautan.
“Untuk itu, berbagai terobosan harus dilakukan dengan tujuan mensejahterakan masyarakat, khususnya para nelayan dan pembudidaya perikanan,”tandasnya. (M6)

Sumber: http://www.ambonekspres.com/index.php/aeberita/aeradartenggara/item/3624-perikanan-komoditi-ekspor-menjanjikan.html