BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Penghargaan Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bekerja sama dengan UNICEF menyelenggarakan

PENGHARGAAN

Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak 2020

AJI-UNICEF kembali menyelenggarakan penghargaan untuk liputan media terbaik tentang anak. Penghargaan ini terbuka untuk jurnalis media cetak/online, foto, radio dan televisi.

KETENTUAN UMUM LOMBA

  1. Karya jurnalistik (cetak/online, radio, TV) berupa feature jurnalistik tentang hak anak untuk sehat. Khusus untuk foto, berupa foto tunggal.   
  2. Setiap jurnalis/media baik media cetak/online, radio, televisi dan foto yang meliput isu anak Indonesia di manapun atau isu anak di Indonesia dapat mengikuti perlombaan ini.
  3. Karya harus sudah dipublikasikan atau disiarkan di media massa (bukan media internal).
  4. Setiap peserta bisa mengajukan maksimal dua karya.
  5. Karya peserta pernah dipublikasikan pada media massa umum pada periode antara 1 Januari 2018 - 28 Februari 2020. Karya harus sudah diterima panitia paling lambat 29 Februari 2020 pukul 16.00 WIB.
  6. Seluruh peserta dimohon mengisi formulir pendaftaran berikut ini:  bit.ly/PenghargaanLiputanAnak
  7. Karya harus dilengkapi dengan pernyataan bahwa karya adalah karya orisinal, bukan saduran, terjemahan dan tidak termasuk advertorial komersial.
  8. Karya harus dilengkapi dengan surat keterangan dari redaktur media cetak/online/ radio/ TV yang menyatakan bahwa karya yang dikirimkan pernah dimuat/ disiarkan di media tersebut.
  9. Ralat harus disertakan jika ada.
  10. Karya yang sudah dikirim ke panitia tidak akan dikembalikan.
  11. Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.
     

KETENTUAN TEKNIS PENGIRIMAN KARYA

  1. Media Cetak: peserta harus mengirim kliping beserta soft copy (file MS word) karya yang sudah dimuat.
  2. Media Online: peserta harus mengirim karyanya yang sudah di-capture langsung dari situs beritanya beserta soft copy (file MS word) karya yang sudah dimuat.
  3. Radio: peserta harus mengirim karyanya dalam bentuk CD (MP3 atau WAV). Peserta wajib mengirimkan naskah/ teks berita.
  4. Televisi: peserta harus mengirimkan karyanya dalam bentuk DVD (MPEG atau AVI atau MP4) dengan mencantumkan nama dan asal media di kepingan DVD. Peserta diwajibkan mengirimkan naskahnya/ teks berita (file MS word).
  5. Foto: karya berbentuk foto tunggal jurnalistik, peserta harus mengirimkan kliping karya yang sudah dimuat, dan dalam bentuk file digital berformat JPG (sisi panjang minimum 3000 pixel). Peserta harus mencantumkan nama, asal media, menyertakan judul dan caption foto.
  6. Dewan Juri akan memilih 10 karya dari setiap kategori sebagai nominee pemenang. Satu karya terbaik per kategori akan dipilih untuk menjadi pemenang.

Kirimkan karya jurnalistik ke Sekretariat AJI Indonesia

Subyek                      : Penghargaan Liputan Anak 2020

Alamat                       : Sigura Gura No.6, RT.11/RW.1, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10420

E-mail                        : award@ajiindonesia.or.id

Telp                           : 021-3151214

Dewan Juri

- Online/cetak: K. Pinta Karana (UNICEF),  Endah Lismartini (AJI), Arif Zulkifli (Dewan Pers), Retno Kustiarti (Pemerhati Anak/ KPAI)

- Radio: Rizky Syafitri (UNICEF), Agus Sunarto (Expert/ VOA), Abraham Laban (AJI), Hayder Affan (BBC Indonesia)

- Televisi: Revolusi Riza (AJI), Yovantra Arief (Remotivi), Kenny Peetosutan (UNICEF), Mimah Susanti (KPI)

- Foto: Ali Aulia Ramly (UNICEF), Adek Berry (AFP), Arbain Rambey(AJI), Ng Swan Ti (PFI/ Pannafoto)