BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Peluang Pendanaan Riset Inovatif Produkti (RISPRO) 2018

Pendanaan Riset Inovatif Produktif (selanjutnya disebut Pendanaan RISPRO) adalah program pendanaan riset baik kompetitif maupun inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan daya saing bangsa melalui komersialisasi produk/teknologi atau implementasi kebijakan/tata kelola atau publikasi. Khusus untuk Pendanaan RISPRO Kompetitif, diklasifikasikan untuk dua skema riset, yaitu:

RISPRO Komersial, adalah pendanaan riset yang bersifat kompetisi, memiliki luaran produk/teknologi siap untuk dikomersialisasikan, memiliki mitra fabrikan yang akan mengomersialisasikan hasil riset, dan diharapkan dapat mengantarkan prototipe menjadi produk/teknologi baru yang sesuai standar industri atau memiliki sertifikasi.
RISPRO Kebijakan atau Tata Kelola adalah pendanaan riset yang bersifat kompetisi, memiliki luaran berupa kebijakan atau model, dan memiliki mitra yang akan mengimplementasikan hasil riset.

PENGUSUL RISPRO
Kelompok periset yang sekurang-kurangnya berjumlah tiga orang termasuk ketua yang bernaung di bawah kementerian/ lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi, industri, atau organisasi kemasyarakatan yang memiliki lembaga penelitian atau pengembangan atau sejenisnya dan memenuhi kriteria Pendanaan RISPRO.

INSTITUSI PENGUSUL RISPRO
Kementerian/lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi, industri, atau organisasi kemasyarakatan yang memiliki lembaga penelitian atau pengembangan, atau sejenisnya.

Pendaftaran RISPRO tahun 2018 dilakukan secara daring/online hingga tanggal 31 Agustus 2018 melalui https://risprolpdp.kemenkeu.go.id/

SELEKSI
Proposal Pendanaan RISPRO Kompetitif dilakukan melalui seleksi yang bersifat kompetisi, yang terdiri dari:

seleksi administrasi oleh Tim LPDP; dan
seleksi substansi oleh reviewer yang ditugasi LPDP meliputi:
desk evaluation, dan
visitasi/paparan.

Pengumuman hasil seleksi administrasi dan seleksi substansi, diumumkan melalui laman lpdp.kemenkeu.go.id.

Selengkapnya: https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/dana-riset/pendaftaran-dan-seleksi/