BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Pelatihan SOP Kesehatan Prov Papua

Layanan kesehatan dasar bagi masyarakat disediakan pemerintah melalui Puskesmas.  Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dasar ini dibutuhkan SOP (Standar Operation Procedure) yang mengatur tata laksana pelayanan kesehatan di Puskesmas.  Dengan adanya SOP layanan non-teknis, diharapkan ibu dan bayi serta masyarakat yang mengakses layanan kesehatan dasar di Puskesmas dapat terlayani secara efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan mereka. Adanya SOP juga dapat mengukur kinerja puskesmas dalam memberikan layanan kesehatan tersebut.
 
Untuk melatih staf medis Puskesmas dan mendorong penerapan SOP Layanan Non-teknis maka Dinas Kesehatan Provinsi Papua bekerjasama dengan Program KOMPAK BaKTI LANDASAN II mengadakan Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan SOP Non-Teknis AKI/AKB dan Malaria yang berlangsung selama 5 hari sejak 11-15 July 2017 dan bertempat di Hotel Horison Jayapura Provinsi Papua.  Dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule Sp.OG(K) atas nama pemerintah Provinsi Papua, dan diikuti oleh 120 orang tenaga medis/staf dari Puskesmas, Dinas Kesehatan Provinsi Papua  dan Dinas Kesehatan dari 6 kabupaten (Kabupaten Jayapura, Asmat, Boven Digoel, Nabire, Waropen dan Lanny Jaya).
 
Presentasi oleh Implementing Manager LANDASAN II
 
Melalui pelatihan ini diharapkan akan  tersedia modul dan SOP untuk pelayanan non-teknis sektor kesehatan ibu dan anak serta malaria yang dapat membantu menyumbangkan penurunan angka kasus kematian pada ibu dan bayi serta menurunkan angka kasus malaria di daerah yang didampingi oleh KOMPAK-BaKTI Landasan II di Provinsi Papua dan Papua Barat.
 
Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan SOP Non-Teknis AKI/AKB dan Malaria ini didukung oleh Pemerintah Australia dan Pemerintah Indonesia melalui KOMPAK (Kemitraan Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan), terselenggara atas kerjasama Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kesehatan Provinsi dan Program LANDASAN II.  
 
Suasana pelatihan penyusunan SOP Kesehatan
 
Related-Area: