BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Mentan Ajak Petani Polman Asuransikan Lahan

Mentan Ajak Petani Polman Asuransikan Lahan
Jumat, 19 Februari 2016 | 16:11 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengajak petani di Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat mengasuransikan lahan mereka. Upaya ini, kata Amran, pada Rabu (17/2/2016) dalam kunjungan kerjanya itu, sebagai langkah antisipasi terhadap kerugian petani lantaran dampak bencana alam. Langkah ini juga untuk menghindari kerugian petani dari dampak kemarau panjang dan banjir. Contohnya, saat El Nino sebagaimana tahun lalu melanda Indonesia.

Dalam kesempatan kunjungan itu, Amran ikut hadir pada panen perdana di Desa Tondrolima, Kecamatan Matakali, Polman. Di situ, ia juga menyerahkan bantuan peralatan teknologi pertanian.

Catatan Kementerian Pertanian (Kementan) menunjukkan ada 173 peralatan teknologi pertanian yang diserahkan. Peralatan itu antara lain mesin pengolah lahan yakni traktor tangan. Ada juga mesin penanam padi. Kemudian, ada pula mesin pemanen massal.

Lebih lanjut, Mentan Amran mengatakan sejak setahun silam pemerintah telah mengasuransikan sejuta hektar lahan pertanian di seluruh Indonesia.  “Tolong petani yang lahannya setiap tahun endemis banjir dan kekeringan supaya (lahannya) diasuransikan melalui pertanian. Itu adalah bantuan pemerintah,” ujar Amran.

Dalam kesempatan itu juga, Amran berjanji akan mengucurkan dana Rp 4 miliar untuk pembangunan bendungan di Polman. Permintaan pembangunan bendungan baru disampaikan para petani saat dialog dengan Amran di Desa Tondrolima tersebut.

Penulis     : Kontributor Polewali, Junaedi
Editor     : Josephus Primus

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/02/19/161131126/Mentan.Ajak.Petani.Polman.Asuransikan.Lahan?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

Related-Area: