BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Kebijakan sekolah gratis di Vanuatu segera dimulai

Port Vila, Jubi – Pemerintah Vanuatu telah menetapkan penerapan biaya sekolah gratis untuk Early Childhood Care and Education (Perawatan dan Pendidikan Anak Usia Dini) dan Kelas 7 sekolah menengah pertama untuk dimulai pada periode ketiga tahun ini (2017).

Pemerintah Australia dan Selandia Baru memperbantukan dana sebesar 37 Juta Vanuatu Vatu untuk membiayai kebijakan gratis sekolah pemerintah tahun ini, Menteri Pendidikan dan Pelatihan Vantau (MOET), Jean Pierre Nirua, mengumumkan hal itu kemarin.

Sebesar 14.375.000 Vt telah dialokasikan untuk mengratiskan pendidikan anak usia dini.

Kebijakan ini akan menguntungkan 5.750 anak-anak berusia 4 sampai 5 tahun di 252 taman kanak-kanak milik pemerintah dan sekolah dasar yang dibantu pemerintah.

Setiap anak akan menerima 2.500 Vt yang meliputi 10 minggu di periode III.

Total dana yang dialokasikan untuk Kelas 7 hampir mencapai 23 Juta Vt dan akan menguntungkan 4.399 siswa di 85 sekolah menengah pertama dan 47 sekolah menengah campuran.

Menteri Nirua mengatakan memperluas kemungkinan kebijakan biaya sekolah gratis untuk anak usia dini dan tingkat SMP akan memudahkan beban keuangan orang tua.

Kebijakan biaya sekolah gratis ini tidak berlaku untuk sekolah swasta.

Pemerintah Vanuatu, dengan model pendidikan dasar gratis yang diperkenalkan pada tahun 2010, memberikan subsidi kepada setiap pelajar untuk setahun. Orang tua harus memenuhi biaya untuk seragam, asrama, administrasi dan lain-lainnya.

Orang tua, guru dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya menyambut baik pengumuman tersebut tahun lalu dan tahun ini untuk kali keduanya pada Hari Anak oleh Perdana Menteri Charlot Salwai bahwasannya pemerintah akan memberikan pendidikan gratis untuk anak usia dini dan Kelas 7 hingga kelas 10 mulai tahun depan (2018).

Pengumuman Menteri Nirua kemarin menunjukkan pemerintah tidak hanya berwacanan namun melaksanakan deklarasi tersebut.

Peluncuran tahun ini akan mempersiapkan pemerintah untuk pelaksanaan implementasi yang utuh tahun depan, kata Nirua.(Elisabeth C. Giay)

 

Sumber: https://tabloidjubi.com/artikel-9443-kebijakan-sekolah-gratis-di-vanuatu-segera-dimulai.html

Related-Area: