BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Info Lowongan Kerja: Village Facilitator dan Kasir - Burung Indonesia

Burung Indonesia adalah organisasi nirlaba yang telah bergiat sejak 15 Juli 2002, bertujuan melestarikan seluruh jenis burung dan habitatnya di Indonesia, serta bekerjasama dengan masyarakat untuk mencapai pembangunan yang lestari. Sejak awal berdirinya, Burung Indonesia telah menjalankan berbagai progam konservasi salah satunya di Provinsi Gorontalo.
Burung Indonesia tengah menjalankan program Ecosystem Restoration Concessions (ERC) for Tropical Rainforest Conservation in Indonesia yang berlokasi di Provinsi Gorontalo, sejak akhir tahun 2013. Pelaksanaan program ini didukung oleh BMU Germany melalui KfW Development Bank dan bekerja sama dengan Pemerintah Republik Indonesia. Tujuan program ini adalah memperkuat strategi adaptasi masyarakat dan ketahanan ekosistem dengan mengembangkan strategi pengelolaan bentang alam berkelanjutan. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mendukung konservasi keanekaragaman hayati di hutan produksi, mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim, serta peningkatan sumber penghidupan masyarakat setempat.
Pada saat ini Burung Indonesia membutuhkan tenaga profesional muda yang kreatif dan memiliki dedikasi dalam melaksanakan program tersebut dan untuk itu Burung Indonesia membuka kesempatan seluas-luasnya pada posisi :

1. Village Facilitator (VF)
2. Kasir (KSR)

Persyaratan umum untuk kedua posisi:
1. Perkeja keras, ulet dan jujur.
2. Dapat memahami dan cepat beradaptasi dengan karakter, budaya masayarakat setempat.
3. Dapat bekerja sama secara tim dan individual.

1. Village Facilitator (VF)

Lokasi kerja
Desa desa lokasi program Burung Indonesia di Kab. Pohuwato dan Kab. Boalemo Provinsi Gorontalo.

Gambaran umum pekerjaan
Memfasilitasi perencanaan pembangunan partisipatif masyarakat desa melalui proses pengembangan kesepakatan pengelolaan dan pelestarian sumber daya alam desa untuk mendukung proses pelestarian alam dan peningkatan penghidupan masyarakat. Melaksanakan pengembangan kemitraan usaha ekonomi, penguatan kelompok, serta tugas fasilitasi masyarakat di desa-desa pada lokasi program.

Kualifikasi:
1. Pendidikan S1 bidang antropologi, sosiologi, komunikasi, pertanian, ekonomi, kehutanan atau kualifikasi pengalaman profesional yang relevan;
2. Memiliki pengalaman dalam pengembangan masyarakat dan fasilitasi program pembangunan desa sekurang-kurangnya dua tahun. Terbuka untuk lulusan baru yang potensial;
3. Paham pendekatan fasilitasi masyarakat menggunakan metode partisipatif seperti PRA atau metode perencanaan partisipatif lainnya;
4. Punya pengetahuan tentang pengelolaan hutan berbasis masyarakat atau perhutanan social.
5. Menguasai strategi pengembangan ekonomi dan peningkatan kapasitas masyarakat, berdasarkan konteks budaya dan sosial setempat;
6. Bersedia ditempatkan secara penuh di di desa-desa pada lokasi kerja Burung Indonesia di Gorontalo.
7. Laki-laki dan Perempuan mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengisi posisi ini.

2. Kasir (KSR)

Lokasi kerja
Kota Marisa dan wilayah kerja Burung Indonesia di Gorontalo

Gambaran umum pekerjaan
Mendukung pengelolaan keungan Program Gorontalo agar berjalan dengan baik. Melakukan pencatatan, pembayaran, penagihan dan pengarsipan atas transaksi penerimaan dan pengeluaran kas/bank dari atau kepada staf, mitra dan pihak ketiga lainnya yang relevan, dilakukan dengan benar, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kualifikasi:
1. Minimal Pendidikan SMK, SMA atau sederajat dengan jurusan yang relevan;
2. Memiliki pengalaman sebagai kasir dan atau mengelolan keuangan suatu lembaga
3. Paham pembukuan jurnal, buku kas, dll.
4. Mampu mengoperasikan progaram microsoft office, terutama MS Excel
5. Memiliki semangat kerja tinggi, mamapu bekerja dalam tim, jujur dan bertanggung jawab.

Surat lamaran dan CV dikirim ke alamat email: recruit@burung.org dengan subjek : (POSISI)_(NAMA LENGKAP), atau ke alamat Program Gorontalo Burung Indonesia yang tertera di bawah dengan menuliskan kode posisi yang dilamar pada sebelah kanan atas amplop surat lamaran yang dikirim, paling lambat tanggal 06 Mei 2019 Hanya pelamar yang memenuhi syarat yang akan dipanggil wawancara.

Recruitment
Program Gorontalo Burung Indonesia
B’Maleo (Conservation and Development Learning Centre)
Jl. Jalaludin Tantu, Dusun Bulalo, Desa Marisa Utara,
Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato,
Provinsi Gorontalo 96266
Tel./Fax: +62 443 221 4965
Website: www.burung.org