BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Bupati Soppeng Deklarisi Kalong Kesorga, Ini Tujuannya

Bupati Soppeng A Kaswadi Razak, mendeklarasikan Kota Latemmamala Tonggak Kesehatan Olahraga (Kalong Kesorga) di Lapangan Gasis Soppeng, Jumat (14/7/2017).

Tema deklarasi "Kalong Kesorga" ialah bergerak bersama menuju Soppeng yang lebih sehat.

Ketua panitia Kalong Kesorga Asriadi mengatakan, tujuan deklarasi kalong kesorga ialah, meningkatkan Kepedulian setiap elemen masyarakat, agar berpartisipasi secara aktif, sehingga sadar akan pentingnya membudayakan aktifitas fisik dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, meneguhkan komitmen serta koordinasi antar elemen masyrakat, dalam pembudayaan aktivitas fisik sebagai unsur penting dalam menjaga kebugaran dan produktifitas.

Bupati Soppeng A Kaswadi Razak mengatakan, pada era 1990an, penyakit menular seperti ISPA, TBC, dan diare, merupakan penyakit terbanyak dalam pelayanan.

Namun perubahan gaya hidup masyarakat, menjadi salah satu penyebab terjadi pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi) pada tahun 2015, seperti stroke, jantung, kanker dan diabetes justru menduduki peringkat tertinggi.

"Gerakan masyarakat hidup sehat (germas), merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen masyarakat" jelas Kaswadi.

 

Sumber : http://makassar.tribunnews.com/2017/07/14/bupati-soppeng-deklarisi-kalong-kesorga-ini-tujuannya

Related-Area: