BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

BPS: penduduk Sulut status kawin lebih bahagia

BPS: penduduk Sulut status kawin lebih bahagia
Rabu, 23 Agustus 2017 05:49 WIB | 6.861 Views
Pewarta: Fidel Malumbot

Manado (ANTARA News) - Penduduk di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang berstatus menikah masih lebih bahagia dibandingkan mereka yang belum nikah.

"Kebahagiaan penduduk Sulut yang sudah menikah tersebut terlihat pada angka indeks kebahagiaan lebih tinggi dibandingkan yang belum menikah," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulut Moh Edy Mahmud di Manado, Selasa.

Indeks kebahagiaan penduduk yang menikah pada angka 74,16. Dimana dari ketiga dimensi penyusun indeks kebahagiaan, masing-masing dimensi memiliki pola yang sama.

Selanjutnya, dilihat dari subdimensi kepuasan hidup personal, penduduk yang belum menikah memiliki indeks tertinggi (71,09) dibandingkan penduduk dengan status perkawinan yang lain.

Sementara pada subdimensi kepuasan hidup sosial, indeks tertinggi terdapat pada penduduk yang menikah (78,72).

Sebaran nilai indeks kebahagiaan menurut provinsi, terdapat 24 provinsi dari 34 provinsi di Indonesia yang memiliki nilai indeks kebahagiaan di atas angka nasional.

"Hal ini berarti mayoritas provinsi di Indonesia sudah memiliki nilai indeks kebahagiaan di atas angka nasional," katanya.

Indeks kebahagiaan antar provinsi bervariasi dengan rentang antara 67,52 sampai dengan 75,68. Tiga provinsi yang memiliki nilai indeks kebahagiaan tertinggi secara berturut-turut adalah Provinsi Maluku Utara (75,68), Maluku (73,77), dan Sulawesi Utara (73,69). Sedangkan Provinsi Papua, Sumatera Utara dan Nusa Tenggara Timur merupakan tiga provinsi yang memiliki indeks kebahagiaan terendah dengan nilai indeks masing-masing sebesar 67,52; 68,41; dan 68,98.

Editor: Tasrief Tarmizi

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/648274/bps-penduduk-sulut-status-kawin-lebih-bahagia

Related-Area: