BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

71 Film Tampil dalam Festival Film Eropa

Perfilman
71 Film Tampil dalam Festival Film Eropa

JAKARTA, KOMPAS — Sebanyak 71 film akan diputar dalam Festival Film Eropa ke-14, European on Screen 2014, di sembilan kota di Indonesia pada 2-11 Mei 2014. Pemutaran film-film itu untuk menampilkan keragaman budaya Eropa serta karya-karya sineas dari 26 negara Eropa.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Olof Skoog mengatakan, film merupakan media bagus untuk memperkenalkan keragaman budaya. ”Semua film yang kami tampilkan itu karya-karya terbaik. Harapannya, film-film itu membuka pemahaman masyarakat tentang dunia luar,” kata Olof, Selasa (22/4), di Jakarta. Festival Film European on Screen (EOS) 2014 berlangsung di sembilan kota, meliputi Aceh, Medan, Padang, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makassar. Di kota-kota itu akan digelar lokakarya, diskusi, dan pemutaran film.

Direktur Festival Film EOS 2014 Orlow Seunke mengungkapkan, festival akan dibuka dengan pemutaran film Inggris berjudul Philomena yang pernah menyabet penghargaan BAFTA 2014 serta empat nominasi Oscar 2014. Sebagai penutup akan diputar film Denmark, The Shooter (2013) arahan sutradara Annette K Olesen. ”Film-film Eropa sering dianggap berat, bertele-tele, dan tak jelas akhirnya. Semoga festival film ini mengubah anggapan itu. Sebenarnya, film Eropa itu menghibur,” ujar Orlow.

Festival Film EOS 2014 dibagi tiga kelompok. Kelompok pertama terdiri dari 15 film besar, seperti film box office Perancis Delicacy karya Audrey Tautou; film Hongaria, Final Cut, yang disusun menggunakan 450 cuplikan film-film terkenal; serta film Australia, My Best Enemy. Kelompok kedua terdiri dari 19 film karya sutradara dan aktor pemula, tetapi unik, salah satunya film Arab Saudi, Wadjda, karya film pertama buatan seorang perempuan.

Kelompok terakhir ialah 15 film dokumenter, seperti Klitschko, tentang dua petinju kelas berat dunia asal Ukraina, Vladimir Klitschko dan Vitali Klitschko, serta film dokumenter peraih penghargaan terbaik Oscar 2013 berjudul Searching for Sugar Man. Di bagian akhir, bakal diputar 10 film finalis lomba film pendek Festival EOS 2014. Pemenang akan diumumkan pada malam penutupan festival tersebut. (ABK)

 

Sumber: http://print.kompas.com/KOMPAS_ART0000000000000000006213821