BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Seminar Eksekutif Program Melayani

Pada tanggal 11 Oktober 2017 bertempat di DoubleTree hotel Jakarta dilaksanakan kegiatan Seminar Eksekutif Memimpin Perubahan untuk Memperbaiki Layanan Dasar di Daerah. Kegiatan ini menghadirkan perwakilan-perwakilan pemerintah daerah kabupaten program MELAYANI yakni dari Bojonegoro, Kubu Raya dan Belu. Hadir memberikan sambutan pembukaan Bapak Eduard Sigalinggin (Direktur SUPD 3, Ditjen Bangkda, Kemendagri) dan Ibu Nicola Nixon dari DFAT Australia.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi pertama dengan tema Memahami Latar Belakang MELAYANI. Dalam sesi ini panel terdiri dari Ibu kathy Whimp (lead Public Sector Management Specialist, World Bank), Bapak Gunawan (Direktur, Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasistas Daerah, Dirjen Otda, Kemendagri), Ibu Ria Sartika Azahari (Direktur Evaluasi Pengelolaan dan Informasi Keuangan Daerah, Kemenkeu), Ibu Sastri Y. Bakry (Kepala Puslitbang Pembangunan dan Keuangan Dearah, Kemendagri), Bapak Suyoto (Bupati Bojonegoro), Bapak Petrus Bere (Sekda Belu) dan Bapak Hermanus (Wakil Bupati Kubu Raya). Bertindak sebagai Moderator adalah bapak A. Zaki Fahmi (World Bank). Untuk sesi penjelasan mengenai tujuan dan ikstisar seminar dibawakan oleh ibu Karrie McLaughin (World Bank).

Dalam seminar ini juga diperkenalkan tentang pendekatan yang digunakan dalam program MELAYANI yakni pendekatan berbasis masalah atau PDIA dengan menggunakan media video penjelasan Prof. Lant Pritchett dari Kennedy School of Government, HArvard University.

Di penghujung acara, Ibu Kathy Whimp dan para pemimpin daerah yang hadir memaparkan refleksi dan rencana ke depan terkait program MELAYANI di masing-masing wilayah.

Panel diskusi pada kegiatan Seminar Eksekutif Program Melayani yang diadakan pada tanggal 11 Oktober 2017 di Doubletree Hotel Jakarta