BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Sungai Kupah Kubu Raya Responsif Isu Stunting

Tim MELAYANI melakukan Kunjungan ke Desa Sungai Kupah pada tanggal 1 Agustus 2018. Tujuan kunjungan ini adalah untuk melihat langsung pelayanan air bersih dan penyelenggaraan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) serta Bina Keluarga Balita-Holistik Integratif (BKB-HI) di desa ini. Pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Kepala Desa ini juga turut dihadiri oleh Ibu Karrie Mclaughlin dari The World Bank.

Sebelumnya pada pertemuan tim pencegahan stunting di tingkat kabupaten diutarakan bahwa komitmen desa dalam pemanfaatan maksimal program PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) masih rendah dan dukungan desa dalam penyelenggaraan PAUD juga masih minim.

Sungai Kupah merupakan salah satu desa yang sulit mendapatkan air bersih, menurut informasi dari Kepala Desa, Bapak Sabri, dalam satu hari air sungai tidak berasa asin hanya sekitar satu jam saja, selebihnya air selalu pasang dan asin.

Olehnya, MELAYANI ingin melihat secara detail dukungan desa dalam APBDes dan kaitannya dengan issue stunting. Dari kunjungan ini ditemukan bahwa ternyata di Desa Sungai Kupah sudah sangat responsif dengan isu stunting dan desa ini sangat mendukung program PAMSIMAS dan PAUD.

Desa ini telah berhasil melaksanakan keberlanjutan program PAMSIMAS dengan menggunakan dana desa untuk melanjutkan program nasional tersebut.

Selama dua tahun terakhir Sungai Kupah sudah mengalokasikan anggaran. Pada tahun 2017 digelontorkan anggaran sebesar Rp. 35.000.000,- untuk dukungan program pipanisasi ke 25 rumah warga prioritas penyaluran air bersih dan pada tahun 2018 telah dialokasikan Rp. 200.000.000,- dengan mekanisme penyertaan modal kepada BUMDes untuk pengadaan penampungan air dan pengadaan pompanisasi berkapasitas tinggi.

Pemerintah Desa Sungai Kupah juga ikut mendukung penyelenggaraan PAUD dan BKB-HI yang dibuktikan dengan adanya bantuan Alat Perminan Edukatif (APE) untuk PAUD. Ada dua PAUD di desa ini, masing-masing PAUD Rayhan dan PAUD At-Taqwa. Pada tahun 2016 juga ikut mengalokasikan honorarium untuk guru PAUD yang ada di desa Sungai Kupah. Pada tahun 2017 dan 2018 APBDes Sungai Kupah juga mengalokasikan APE.