BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Kelompok Wanita Tani di SulSel : Pemberdayaan Perempuan untuk Ketahanan Keluarga

Kelompok Wanita Tani Cora Uleng terbentuk melihat buruh tani di Kabupaten Soppeng berpenghasilan jauh dari layak. Kegiatan kelompok ini yaitu budidaya tanaman sayur dan melakukan pengembangan usaha hasil olahan pangan seperti usaha kripik emping jagung dan rengginang.

Inisiatif untuk membentuk organisasi yang mewadahi ibu-ibu rumah tangga muncul dari mimpi A. Muhammad Ilham untuk memberdayakan para perempuan di daerahnya agar bisa hidup mandiri. Pada tahun 2014. Hadirlah Kelompok Wanita Tani Cora Uleng, yang memanfaatkan pekarang rumah untuk budidaya sayur dan tanaman lokal. Kemudian hasilnya diolah menjadi  produk pangan lokal seperti keripik, rengginang dan lain-lain. Dalam hal produksi makanan jadi mereka mengelolanya secara home industri. Hasil dari penjualan akan ditabung. Kelompok Wanita Tani Cora Uleng merupakan binaan organisasi kewirausahaan sosial Asosiasi Pedagang Kaki Lima yang juga mengembangkan sejumlah 120 kelompok wanita tani, UKMK, pedagang kaki lima dan usaha kuliner lainnya.


Rata-rata para bapak di Kabupaten Soppeng berprofesi sebagai buruh tani. Yang artinya mereka tidak menggarap tanah milik mereka, melainkan tanah orang lain. Penghasilan yang mereka dapat masih jauh dari layak dan belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu saya tergerak untuk memberdayakan para ibu—istri dari para buruh tani tersebut—agar mampu membantu perekonomian keluarga sehingga ketahan keluarga dapat terwujud.

Para ibu istri buruh tani di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, memiliki semangat yang besar untuk hidup mandiri. Mereka punya kemauan untuk membantu hidup keluarga mereka dengan memanfaatkan pekarangan mereka sebagai ladang yang produktif. Tapi saat ini semangat para ibu tersebut belum mampu terealisasikan 100 % karena permasalahan bibit. Setiap panen, tentunya tanah harus ditanam kembali agar tetap produktif. Harga bibit yang mahal membuat langkah mereka tersendat dalam bercocok tanam.

Saat ini, kelompok tani "Wanita Tani Cora Uleng" membutuhkan bantuan dana untuk kebutuhan pembelian bibit mereka, anda bisa membantunya melalui situs gandengtangan.org

 

untuk informasi lebih lanjut :

http://blog.gandengtangan.org/ilham-bergandengan-bersama-kelompok-wanita-tani-sulawesi-selatan/

http://blog.gandengtangan.org/kenapa-harus-bantu-kelompok-wanita-tani/

http://blog.gandengtangan.org/mengapa-harus-memberdayakan-para-ibu-di-kabupaten-soppeng/