BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Tes SLA, Mengukur Kemampuan dasar siswa

Saat ini KIAT Guru telah berjalan selama 1 semester. Untuk mengetahui kemampuan siswa menyerap pelajaran selama proses implementasi program berlangsung, maka diadakan Tes Cepat SLA. Hasil dari tes ini selanjutnya akan dibandingkan dengan tes yang telah dilaksanakan sebelum berjalannya implementasi KIAT Guru untuk mengetahu tingkat keberhasilan program.

Salah satu sekolah yang melaksanakan tes cepat SLA adalah SDK Lawi, yang terletak di Desa Lawi, Kecamatan Kuwus, Manggarai Barat. Tes di sekolah ini dilaksanakan tepat pada hari pertama sekolah setelah liburan semester, Senin 17 Juli 2017. Tes tersebut dikoordinir langsung oleh Pelaksana Lapangan (PL) Manggarai Barat, Frans Lopez dan dibantu oleh Kader Desa setempat. Pelaksanaan tes dimulai sejak pukul 10 pagi hingga jam 1 siang.

PL Frans yang mengkoordinir Tes SLA di SDK Lawi

Tes dilakukan kepada 30 orang murid yang dipilih secara acak dari kelas 1-5 dengan jumlah 6 orang perwakilan dari setiap kelas. Murid-murid yang dipilih merupakan murid yang juga telah melakukan tes sebelum implementasi program. Pada saat pelaksanaan tes, murid-murid tersebut diberi waktu 15 menit untuk mengerjakan soal-soal matematika dan 15 menit untuk soal Bahasa Indonesia. Sehingga setiap anak memiliki waktu 30 menit untuk melaksanakan tes tersebut. Sebelum melaksanakan tes, setiap murid harus mengisi sebuah lembar pernyataan bahwa mereka bersedia mengikuti tes dengan menarsir gambar “smiley”. Apabila ada murid yang merasa keberatan untuk mengikuti tes, maka akan dicari murid lain untuk menggantikannya.

Murid SDK Lawi yang sedang mengerjakan soal tes cepat

Proses tes cepat SLA di SDK Lawi berjalan lancar, semua murid yang dipilih bersedia mengikuti tes. Selama tes berlangsung, kepala sekolah dan guru-guru yang lain sangat proaktif membantu PL dan kader agar kegiatan berjalan dengan lancar. Mereka juga membantu murid-murid lain agar tidak mengganggu teman-temannya yang sedang mengerjakan tes SLA.

Selain SDK Lawi, sekolah yang juga telah melaksanakan Tes Cepat SLA adalah SDI Lengko Munda, Desa Gunung Baru, Kecamatan Kota Komba. Tes SLA di SDI Lengko Munda dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Juli 2017 pukul 09.00 – 13.00. Pelaksanaan Tes Cepat di sekolah ini dikoordinir oleh seorang Fasilitator Masyarakat (FM) Markus Meko dan dibantu oleh kader desa Bapak Heribertus Liko, Sekertaris KPL ibu Maria Fransisk dan anggota KPL Ferdinandus Dance. Pelaksanaan tes juga dibantu oleh Kepala sekolah bapak Bernadiktus Mere beserta guru untuk mempersiapkan murid yang akan dites.

Murid SDI Lengko Munda yang sedang mengerjakan soal tes cepat

Pada saat pelaksanaan tes SLA di SDI Lengko Munda, banyak anak kelas 1 yang saat ini naik ke kelas 2 yang tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik sehingga tidak dapat memahami penjelasan yang diberikan oleh KPL dan Kader. Beberapa anak juga merasa gugup saat mengerjakan tes sehingga pada pengerjaan soal diselingi dengan cerita lucu agar anak merasa nyaman.

Wilayah: