BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Sepakat Demi Masa Depan Anak-Anak Pulau Tiga

Pulau tiga, salah satu pulau di desa Boleng, kabupaten Manggarai Barat berhasil membuat kesepakatan janji layanan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di desa tersebut. Janji layanan ini berasal dari harapan siswa, Orang tua murid, dan Guru yang sebelumnya  bertemu dipertemuan yang terpisah dan dikompilasi oleh tim lapangan KIAT Guru untuk dijadikan bahan diskusi untuk mencapai kesepakatan.

Di pulau yang berjarak 45 menit menggunakan kapal ini, perwakilan sekolah, orang tua murid, dan pemerintahan desa berkumpul untuk menyepakati janji layanan. Mengumpulkan ketiga pihak ini bukanlah hal yang mudah karena sebagian besar orang tua murid berprofesi sebagai nelayan ini pergi untuk menangkap ikan. Tetapi diluar dugaan, Orang tua murid yang datang untuk mengikuti pertemuan ini lebih dari jumlah undangan yang diestimasikan.

Kesepakatan janji layanan ini akan dilaksanakan oleh pihak Sekolah mulai dari kepala sekolah, guru kelas, guru olahraga dan guru agama dengan warga dan kepala desa yang akan membantu untuk mengawasi kegiatan tersebut.

Dalam pertemuan yang dimulai pada jam 9 pagi ini, terlihat kepala desa Boleng sangat antusias untuk mengikuti sampai acara selesai, sesekali beliau memberikan masukan dan penjelasan kepada warga.

Beberapa janji yang disepakati adalah hadirnya guru tepat waktu dan hadirnya guru di kelas di waktu pengajaran, diadakannya upacara bendera setiap senin, guru yang memberikan penjelasan dan tugas rumah untuk siswa, dan hal lainnya yang didapatkan dari pertemuan anak/siswa yang dilaksanakan sebelumnnya oleh tim KIAT Guru.

Di akhir pertemuan, perwakilan warga, sekolah, dan kepala desa menandatangani berita acara yang juga menandai bahwa mereka sepakat mengenai hasil pertemuan tersebut.

Wilayah: