BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Pelatihan Tes Cepat Kemampuan Dasar Murid se Kec. Ngabang dan Jelimpo Kab Landak

  

Bertempat di Aula Kantor Bappeda kabupaten Landak, sebanyak 32 orang dari perwakilan Kelompok Pengguna Layanan (KPL) dan Kader Desa dampingan program KIAT Guru dari kecamatan Ngabang dan Jelimpo mengikuti Pelatihan  Tes Cepat Kemampuan Dasar Murid – Student Learning Assesment (SLA) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika.

Koordinator Lapangan KIAT Guru kabupaten Landak, Safrijal pada pengantar pembukaan  pelatihan menyampaikan bahwa pelatihan SLA akan berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 18-19 Juli 2017.  Melalui pelatihan ini diharapkan, KPL dan Kader dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan tes cepat kemampuan dasar murid pada SD dampingan masing-masing. Melalui Tes cepat kemampuan dasar murid yang dilakukan sendiri oleh KPL dan Kader yang didampingi oleh Fasilitator KIAT, diharapkan dapat memberikan informasi perkembangan kemampuan dasar murid yang dapat digunakan sekolah dan masyarakat untuk merumuskan amandemen kesepakatan layanan.

Pelatihan SLA difasilitasi langsung oleh Tim Fasilitator Landak, dibawah supervisi Tim Nasional yang diwakili oleh Senior Community Development Specialist, Gunawan dan turut dihadiri oleh Monev BaKTI.

Pada hari pertama, Peserta belajar dalam ruangan yang diarahkan pada penguatan pengetahuan tentang Tes Cepat Kemampuan Dasar Murid-SLA, serta melakukan praktek simulasi tes di antara/sesama peserta.  

Pada hari kedua, Peserta mengunjungi salah satu Sekolah Dasar di dalam kota Ngabang  untuk mempraktekkan hasil pelajaran di kelas sehari sebelumnya. Tempat praktek simulasi dilaksanakan di SD Negeri 10 Ngabang,  di mana setiap peserta dibagi 3 kelompok besar dengan masing-masing sasaran tes murid-murid kelas II s/d VI. Praktek simulasi berlangsung kurang lebih 1 jam. Kemudian dilanjutkan kembali dalam kelas untuk mereview hasil praktek simulasi dan menentukan rencana tindak lanjut mengenai jadwal pelaksanaan SLA di masing-masing Sekolah dampingan.

  

Petugas Lapangan KIAT Guru kabupaten Landak, Boy Calvary menyampaikan bahwa setelah pelatihan SLA untuk kecamatan Ngabang dan Jelimpo, akan dilanjutkan pelatihan yang sama untuk KPL dan Kader se kecamatan Air Besar (21-22 Juli 2017). Dan pada waktu yang sama, desa yang telah mengikuti pelatihan SLA akan menggelar penilaian tes cepat di masing-masing sekolah dampingannya.

Wilayah: